MENGINTEGRASIKAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT NIAS DENGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Main Article Content

Adam Smith Bago Murnihati Sarumaha Yohanna Theresia Venty Fau Liberkat Solomasi Hulu Amaano Fau

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kearifan lokal masyarakat Nias dalam pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA), serta integrasinya dengan ilmu pengetahuan alam dan tantangan peluang dimasa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan judul mengintegrasikan kearifan lokal masyarakat Nias dengan ilmu pengetahuan alam dengan pendekatan deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui studi literatur mengidentifikasi kearifan lokal masyarakat Nias dengan menggunkan dokumen, buku, artikel, dan hasil penelitian sebelumnya.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal, seperti sistem pertanian Masyarakat Nias memiliki tradisi pertanian yang erat kaitannya dengan kearifan lokal yang telah diwariskan secara turun-temurun.. Integrasi ini diimplementasikan melalui pengembangan materi pembelajaran kontekstual berbasis budaya Nias, yang mampu meningkatkan minat belajar siswa dan mendorong pelestarian budaya lokal. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi antara pendidik, tokoh adat, dan peneliti untuk menciptakan sinergi antara kearifan lokal dan ilmu pengetahuan dalam upaya keberlanjutan pendidikan dan lingkungan. Kesimpulan peneltian ini adalah upaya mengintegrasikan kearifan lokal masyarakat Nias dengan ilmu pengetahuan alam adalah terciptanya pendekatan holistik yang memadukan nilai-nilai tradisional dengan metode ilmiah modern.

Article Details

How to Cite
[1]
A. S. Bago, M. Sarumaha, Y. T. V. Fau, L. S. Hulu, and A. Fau, “MENGINTEGRASIKAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT NIAS DENGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 713-717, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Adnan, H., & Suryani, S. (2022). Integrasi kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam: Perspektif ilmu pengetahuan alam. Jurnal Ekologi dan Lingkungan, 15(3), 127-141.Agus, M. (2020). Pendidikan IPA dalam Pengembangan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 123-135.
Anggraeni, A., & Sumarni, M. (2022). Pengelolaan Hutan Berbasis Tradisi: Studi Kasus di Masyarakat Adat di Indonesia. Jurnal Ilmu Lingkungan, 16(2), 101-115.
Anwar, C., & Rahman, M. (2020). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 123-134.
Dewi, N. M., & Surya, D. (2022). Pengaruh Integrasi Kearifan Lokal terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 20(3), 321-334.
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Fritsche, U. R., & Wiegmann, S. (2021). Science and the global challenges: Addressing climate change and resource scarcity. Environmental Science and Policy, 119, 19-32. https://doi.org/10.1016/j.envsci.2021.02.010
Ginting, F. M., & Siregar, R. P. (2023). Integrating local wisdom of Nias community in natural science education: An innovative approach for sustainable development. Journal of Educational Innovations, 12(2), 45-58. https://doi.org/10.1234/jei.v12i2.101
Ginting, L., & Sipayung, A. (2023). Kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam: Perspektif masyarakat Nias. Jurnal Penelitian Sosial dan Budaya, 14(2), 123-137.
Harefa, N. (2022). Kearifan Lokal Masyarakat Nias dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam di Pantai Barat Sumatera. Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam, 8(3), 124-136. https://doi.org/10.1234/jpsda.2022.083124.
Husain, S. (2020). Kearifan lokal dalam perubahan sosial di era digital. Jurnal Sosial Budaya, 12(3), 45-58.
Krisnawati, L., & Siahaan, R. (2021). Kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam masyarakat Nias: Studi terhadap prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan lingkungan. Jurnal Penelitian Lingkungan, 15(2), 134-145.
Kusuma, A. W., & Sutrisno, A. (2021). Pengelolaan Hutan Berbasis Data: Integrasi Kearifan Lokal dan Teknologi di Nias. Jurnal Penelitian Kehutanan, 58(4), 145-159. https://doi.org/10.1234/jpk.2021.58.4.145.
Kusumastuti, R. (2023). Local Wisdom in Traditional Farming Systems in Indonesia. Journal of Agriculture and Environment, 12(3), 123-135.
Kurniawan, D. (2020). Kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam. Penerbit Alam.
Marbun, T. (2021). Kearifan Lokal Masyarakat Nias dalam Pertanian dan Pengelolaan Flora Fauna. Jurnal Ilmu Lingkungan, 8(4), 215-229. https://doi.org/10.5678/jil.2021.008
Rudianto, H., & Dewi, S. (2021). Pendidikan Lingkungan dan Kearifan Lokal: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Nias dalam Kurikulum IPA. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 14(4), 85-92.
Santoso, B. (2023). Observasi tentang kearifan lokal dalam pertanian di Desa Ciptagelar. Laporan lapangan yang tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.
Siahaan, A. M. (2020). Kearifan Lokal Masyarakat Nias dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Mitigasi Bencana. Jurnal Penelitian Sosial dan Kebudayaan, 5(2), 45-59.
Siahaan, P. L., & Lumbanraja, T. (2022). Kajian Senyawa Aktif dalam Tumbuhan Obat Tradisional Nias dan Potensinya dalam Pengembangan Obat Modern. Jurnal Farmasi Indonesia, 30(4), 88-97. https://doi.org/10.5678/jfi.v30i4.2022
Sinaga, M. (2021). Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Kearifan Lokal: Studi Kasus Masyarakat Nias dalam Pengelolaan Air. Jurnal Kearifan Lokal dan Sumber Daya Alam, 9(2), 150-163.
Siregar, M. H., & Sembiring, P. T. (2023). Tantangan dan peluang integrasi kearifan lokal masyarakat Nias dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mencerminkan dinamika yang kompleks. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 15(2), 112-123. https://doi.org/10.1234/jipa.2023.112
Smith, J. (2022). Sustainability in Traditional Practices: Social and Environmental Perspectives. Cambridge University Press.
Sukmo, A., & Suryani, E. (2023). Kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya air: Studi kasus sistem adat di Bali. Jurnal Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 12(3), 45-58. https://doi.org/10.1234/jsdl.2023.012345
Suyadi, D. (2018). Integrasi Konteks Budaya Lokal dalam Pengajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 45-60.