PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN DAN PENGABDIAN UNTUK KEBERLANJUTAN KEILMUAN
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Tridharma Perguruan Tinggi perlu terintegrasi secara optimal. Penelitian dosen dan mahasiswa perlu dikaitkan dengan pembelajaran, sementara pengabdian masyarakat cenderung berorientasi pada kegiatan sosial tanpa keterkaitan langsung dengan kampus atau mata kuliah. Integrasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian dapat memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap materi ajar dengan pendekatan normatif dan konfirmasi empiris. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan studi lapangan untuk menganalisis penerapan Model Pembelajaran Berbasis Penelitian dan Pengabdian dalam Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, serta peluang dan tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan keberlanjutan keilmuan di bidang tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan keterampilan penelitian mahasiswa, dan berkontribusi pada penyelesaian masalah lokal. Namun, penerapannya masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, budaya akademik yang belum sepenuhnya mendukung, serta terbatasnya insentif bagi dosen dan mahasiswa. Pentingnya manajemen yang kuat, dukungan insentif, dan kerjasama antara dosen, mahasiswa, dan pihak eksternal untuk mengatasi tantangan tersebut agar model ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberlanjutan ilmu Hukum Ekonomi Syariah.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Referensi
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Vol. 5). Pustaka Pelajar.
Fadhal, S. (2020). Hambatan komunikasi dan budaya dalam pembelajaran daring pada masa Pandemi COVID-19.
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1637.
Hafsah, U. (2017). Implementasi Riset Based Learning dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 8.
Hamalik, U. (1993). Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. Tarsito.
Haryati, S., & Firmadani, F. (2018). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS RISET (PBR) DALAM MATA KULIAH “PSIKOLOGI PENDIDIKAN.” Indonesian Journal of Education and Learning, 1(2), 70–82.
Jas, J., Achmad, S. S., & Alvi, R. R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 148–159.
KBBI. (2016). KBBI Daring. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Marselina, M., Wahyudi, H., & Ciptawaty, U. (2023). Kontribusi Mahasiswa untuk Mengurangi Tingkat Kemiskinan melalui Entrepreneur School di Desa Wonoharjo, Tanggamus, Lampung. Studi Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 1(2), 83–96.
Mulyaningsih, I. (2018). Pembelajaran Berbasis Riset pada Mata Kuliah ‘Teori Belajar Bahasa’di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati.
Nasik, K. (2020). Model Pembelajaran Mata Kuliah Keislaman Berbasis Masalah Komunitas Yang Terintegrasi Sebagai Langkah Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Madinah: Jurnal Studi Islam, 7(2), 76–87.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17–25.
Rangkuti, A. N. (2017). Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi. Proceeeding IAIN Batusangkar IAIN Batusangkar, 1(1), 141–152.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Sariada, I. K. (2019). Pembelajaran Berbasis Riset Di Perguruan Tinggi: Peluang, Tantangan memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Fakultas Seni Pertunjukan, 23–34.
Savitri, C. (2017). Upaya menumbuhkan minat berwirausaha pada mahasiswa prodi manajemen di UBP Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(1).
Sihombing, D. I., Sinambela, L., & Nababan, L. (2020). Model Persoalan Alokasi Sumber Daya Perguruan Tinggi dengan menggunakan Integrasi Multicriteria Decision Making. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2).
Siregar, H. S., & Sugilar, H. (2018). Strategi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Perspektif, 2(1), 17–32.
Slameto, S. (2015). Pembelajaran berbasis riset mewujudkan pembelajaran yang inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102–112.
Sudikan, S. Y. (2015). Pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam studi sastra. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.
Umar, M. K., Yusuf, M., Supartin, Uloli, R., Abjul, T., & Ntobuo, N. E. (2011). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset di Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian Dana PNBP, November. https://repository.ung.ac.id/riset/show/2/806/pengembangan-pembelajaran-berbasis-riset-di-program-studi-pendidikan-fisika-fmipa-universitas-negeri-gorontalo-anggota-4.html
Undang-Undang Republik Indonesia Nomoir 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
UUD. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.
Wibowo, A. J. I. (2014). Kinerja riset universitas, reputasi universitas, dan pilihan universitas: sebuah telaah sistematis. Jurnal Manajemen Maranatha, 13(2).
Widayanti, F. D. (2017). Pemberdayaan Mahasiswa melalui Pengelompokan Berdasarkan Jenis Modalitas Belajar. Jurnal Likhitaprajna, 19(1), 100–109.
Widayati, D. T., Pari, G., & Yoshida, M. (2010). Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset (PUPBR). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.