IMPLEMENTASI MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Main Article Content

Qadrin Jeniria Stepanus Sahala Sitompul Muhammad Musa Syarif Hidayatullah

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang Implementasi Model PjBL Dengan Pendekatan STEAM Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global di SMA Negeri 9 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model PjBL dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pemanasan global di SMA Negeri 9 Pontianak. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian Pre-Experimental Design, dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes berpikir kreatif peserta didik, dan hasil angket respon terhadap pembelajaran peserta didik. Adapun hasilnya berdasarkan uji Wilcoxon, nilai Asymp.Sig sebesar (0,000< 0,05) yang membuktikan bahwa penerapan model PjBL dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan berpikir kreatif peserta didik pada materi pemanasan global. Analisis data angket respon peserta didik peserta didik memberikan repon yang sangat baik, terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model PjBL dengan pendekatan STEAM pada materi pemanasan global, dilihat dari persentase respon peserta didik sebesar 94%.

Article Details

How to Cite
[1]
Q. Jeniria, S. Sitompul, and M. M. Hidayatullah, “IMPLEMENTASI MODEL PjBL DENGAN PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 874-881, May 2025.
Section
Artikel

References

Anindya, F. A. U. (2019). Pengaruh model PjBL-STEAM pada materi cahaya dan alat optik terhadap keterampilan memecahkan masalah dan komunikasi siswa. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Aizikovitsh, E. & Amit, M. (2011). Developing the skills of critical and creative thinking by probability teaching. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 15, 1087-1091
Azwar. (2012). Relibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Badriyah, E. L. (2017). Penerapan model project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas XI SMAN 4 Palangka Raya. Skripsi (Online). Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Universitas Islam Madura. Volume X, Nomor 1.
Indrayani, A., Endang, S., & Wahono, W. (2016). EEFEKTIFAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Khanifah, K., & Saefan, J. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning melalui Metode Praktikum terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Getaran Harmonis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Comal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 49–55.
Marliani, Novi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri mathematics project (MMP), 5 (1): 14-25.
Munandar. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Pramesti, D., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2022). Effectiveness of Project Based Learning Low Carbon STEM and Discovery Learning to Improve Creative Thinking Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 444–456.
Purnomo, Halim dan Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. K-Media.
Putri, L. T., Nuroso, H., & Khoiri, N. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma N 2 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2), 38–43.
Ratnasari, Susatyo, E. B., dan Nurhayati, S., (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Chemistry in Education, Vol 6, No 2, Hal 1–7.
Safriana., Ginting, F. W., & Khairina. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA Negeri 1 Dewantara. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 6, No. 1.
Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &. D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND (Ke 2). Alfa Beta.
Sumarni, Woro. Wijayati1, Nanik. Supanti, Sri. (2019). Kemampuan Kognitif dan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan STEM. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4 (1). Universitas Negeri Malang.
Sundari, D. N. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran PjBL Berbasis STEAM Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bentuk Molekul. Skripsi. UIN Jakarta.
Wahyuni, Arie dan Kurniawan, Prihadi. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Matematika. Vol. 17 No. 2. Hal 1-8.
Yakman, Georgette & Lee, Hyonyong. (2012). Exploring the Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical Educational Framework for Korea. J Korea Assoc.