PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA ALJABAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

MUSTIKA FITRI LARASATI SIBUEA HOMMY DORTHY ELLYANY SINAGA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ular tangga pada materi operasi hitung aljabar untuk siswa kelas III sekolah dasar dan mengetahui keefektifan rata-rata hasil belajar pada ujicoba terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menurut Borg dan Gall namun dibatasi sampai uji coba produk terbatas. Subjek dalam penelitian ini adalah 59 siswa kelas III SD Tamansiswa Sukadamai dan SDN 014682 Perhutaan Silau.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan ini berupa media pembelajaran ular tangga aljabar dengan hasil penilaian akhir dari ahli media sebesar 92% termasuk kategori sangat baik dan hasil penilaian akhir dari ahli materi sebesar 90% termasuk kategori sangat baik. Hasil tes evaluasi siswa rata-rata sebesar 87,51. Hasil analisis tangggapan siswa terhadap media sebesar 93,52% dan pada angket keberterimaan media oleh guru sebesar 91%. Hal ini menunjukan bahwa media telah dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
[1]
M. F. SIBUEA and H. D. SINAGA, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA ALJABAR SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 9, Oct. 2018.
Section
Artikel