PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KEBHINEKAAN GLOBAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DIKELAS V SDN 182 PEKANBARU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan karakter kebhinekaan global siswa pada mata pelajaran IPAS dikelas V SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun desain yang digunakan adalah desain Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas dengan kelas V B sebagai kelas kontrol dan kelas V C sebagai kelas eksperimen. Adapun kelas eksperimen diberikan treatment (perlakuan) dan kelas kontrol tidak mendapatkan treatment (perlakuan). Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis yang telah dilakukan, karakter kebhinekaan global siswa memperoleh hasil signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning dalam meningkatkan karakter kebhinekaan global siswa kelas V SD.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Erlisnawati, Marhadi, H., & Ibrahim, B. (2023). Cultural Literacy: Understanding the Cooperation Value in Pacu Jalur Tradition. Proceedings of the Fifth Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2022), 122–127. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-010-7_15
Erlisnawati, Sapriya, Budimansyah, Dasim, & Marhadi, H. (2019). Analysis of the Character of Responsibility in Pacu Jalur Traditions. Proceeding of the SS9 & 3rd URICES, 2019, 2012, 140–143. https://ices.prosiding.unri.ac.id/index.php/ICES/article/view/7881%0Ahttps://ices.prosiding.unri.ac.id/index.php/ICES/article/viewFile/7881/6793
Ftrianingtyas, Anjar, et al. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675–5686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970
Ghozali, S. (2020). Pengembangan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(1), 90–96. https://core.ac.uk/download/pdf/235085111.pdf%250Awebsite: http://www.kemkes.go.id%250Ahttp://www.yankes.kemkes.go.id/assets/downloads/PMK No. 57 Tahun 2013 tentang PTRM.pdf%250Ahttps://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/15242-profil-anak-indonesia_-201
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Khaira, afriansyah alviananda ghozu, Hadi, C., & Asmaroini, ambiro puji. (2024). Implementasi Dimensi Kebhinekaan Global Dalam Pendidikan Karakter di SMPN 2 Kecamatan Pulung, Ponorogo. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1).
Mahardi, H., & Erlisnawati, E. (2019). Nilai Karakter Dalam Budaya Pacu Jalur Pada Masyarakat Teluk Kuantan Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD, 1(1). https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.280
Marhadi, H. (2024). Sentuhan Tradisi Botobo Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan) (Lisnawati (ed.); 1st ed.). CV. Diva Pustaka
Marhadi, H., Sapriya, S., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2022). How to Develop a Project-Based Learning (PBL) Model on the Batobo Tradition in Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 5(2), 201. https://doi.org/10.33578/jtlee.v5i2.7932
Mulyani, A. S. N. D., Syamsiah, S., & L., H. (2023). Efektivitas Model Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Jeumpa, 10(1), 176–183. https://doi.org/10.33059/jj.v10i1.7410
Restika, W., Erlisnawati, E., & Marhadi, H. (2023). Analisis Karakter Dalam Tradisi Bararak Tabak di Peranap. El-Ibtidaiy: Journal of …, 6(1), 1–8. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtidaiy/article/view/22200%0Ahttp://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtidaiy/article/download/22200/9622
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306
Zakiyah, R., Hidayati, D., Suzetesari, M., & Silawati. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–467. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971