IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PANYABUNGAN
Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dikelas X TKJ 2 SMK Negeri 3 Panyabungan adalah rendahnyahasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis, siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran, guru masih menggunkan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran project based learning dikelas X TKJ 2 pada mata pelajaran dasar desain grafis, mendeskripsikan hasil belajar dikelas X TKJ 2 pada mata pelajaran dasar desain grafis sebelum dan sesudah menggunakan model PjBL, melihat pengaruh penggunaan model PjBL terhadap hasil belajar dikelas X TKJ 2 pada mata pelajaran dasar desain grafis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil lembar observasi guru saat implementasi model PjBL nilai rata-rata observasi guru yaitu 75 yang termasuk dalam kategori ”Baik”. Dan hasil lembar observasi siswa pada saat implementasi model PjBL nilai rata-rata observasi siswa yaitu 64 yang termasuk dalam kategori ”cukup”. Danhasil pretestsiswamendapat nilai rata-rata 45,34 berada pada kategori "Rendah". Danhasil posttest siswa mendapat nilai rata-rata 79,14 berada pada kategori "Tinggi". Agar diketahui hipotesis diterima atau ditolak, maka analisis data menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan dari uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 15,36, dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Artinya bahwa hipotesis dapat diterima atau disetujui kebenarannya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggraini, putri dewi dan siti sri wulandari. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa, jurnal pendidikan administrasi perkantoran (jpap), 9(2).
Ghozali, imam (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 26, edisi 10, semarang: badan penerbit universitas diponegoro.
Nasution, zulfadli, 2022, selayang pandang ilmu pendidikan, pekalongan: penerbit nem.
Shadipta, syaefiani esa. (2022) penggunaan model project based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas iv sd. Skripsi(s1) thesis, fkip unpas
Sugiyono. (2019). Metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Bandung: alfabeta.
Sugiyono. 2022. Metode penelitian kuantitatif. Bandung: alfabeta.
Widana, i wayan dan putu lia muliani. Uji persyaratan analisis. Lumajang : klik media, 2020.