HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SE-KECAMATAN RANTEBULAHAN TIMUR KABUPATEN MAMASA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) menganalisis kondisi kompetensi profesional para guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terletak di Kecamatan Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa, (2) menganalisis kinerja guru di SMP se-Kecamatan Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa, dan (3) menganalisis hubungan antara kompetensi profesional dan kinerja guru di SMP di Kecamatan Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa. Total guru yang menjadi subjek penelitian adalah 80. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan pengamatan, kemudian dianalisis menggunakan metode uji hipotesis Chi-Square, uji hipotesis asosiatif, serta analisis regresi dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan profil kompetensi profesional guru kategori sedang, dengan 12 guru (15%) menunjukkan kompetensi profesional yang rendah, 52 guru (65%) berada dalam kategori medium, dan 16 guru (20%) memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Sementara itu, kinerja guru kategori sedang, di mana 11 guru (13,75%) menunjukkan kinerja rendah, 49 guru (61,25%) berada dalam kategori medium, dan 20 guru (25%) memiliki kinerja tinggi. Dalam analisis hubungan antara kompetensi profesional guru dan kinerja, ditemukan bahwa sebesar 52,7% dari hubungan tersebut dipengaruhi oleh variabel X, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru dan kinerja mereka.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Astarani, Elvara & Yesita. 2021. Metodologi Penelitian. 1st Ed. Ed. Edi S. Mulyanta. Yogyakarta: Cv Andi Offset.
Febriana, Rina. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta Timur: Pt Bumi Aksara.
Harahap, Susi Susilawati. 2019. “Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Kemampuan Bekerja, Dan Masa Bekerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Menggunakan Metode Pearson Correlation.” Jurnal Teknovasi 06(02): 12–26.
Komar, Abdul. 2020. “Peningkatan Kinerja Guru Berbasis Budaya Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru.” 6(2): 109–17.
Koriati, Eti Dwi, Aldo Redho Syam, And Ayok Ariyanto. 2021. “Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education 5(2): 85–95. Doi:10.24269/Ajbe.V5i2.4815.
Nurdin, Fahrurrobi, Muzhir Ihsan, Ima Rahmawati, And Hana Lestari. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Guru Di Sma Swasta Se-Kecamatan Pamijahan Bogor.” Jurnal Sains Indonesia 1(2): 99–105.
Performance, Teacher. 2022. “Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Oleh Cahyo Harry Sancoko 1 , Rini Sugiarti 2 Magister Psikologi, Universitas Semarang 1, Fakultas Psikologi Universitas Semarang 2.” : 1–14.
Petrus, Wadison, Dewi Suri Agustina Nainggolan, And Talizaro Tafonao. 2022. “Peran Guru Profesional Dalam Memajukan Pendidikan Di Era Industri 4.0.” Eleos: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1(2): 75–87. Doi:10.53814/Eleos.V1i2.10.
Rohman, Hendri, Sekolah Menengah, Atas Yayasan, Karsa Madya, And Sumedang Jawa Barat. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru.” 1(2): 92–102.
Sanjani, Maulana Akbar. 2020. “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar.” Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Vol. 6, No.
Sebayang, Sofia, And Tiur Rajagukguk. 2019. “Pengaruh Pendidikan, Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sd Dan Smp Swasta Budi Murni 3 Medan.” Jurnal Ilmu Manajemen Methonomix 2(2): 105–14.
Suebudin, Marfua. 2021. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Di Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu.” Jurnal Pendidikan Indonesia P-Issn : 2745-7141 E-Issn : 2746-1920 Vol. 2 No.
Suharmadi. 2021. Guru Dalam Kompetensi Profesional. Kota Malang: Media Nusa Creative.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. 30th ed. Bandung: Alfabeta, cv.
Yulmasita Bagou, Dewi, And Arifin Suking. 2020. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal Of Educational Management 1(September): 122–30. Doi:10.37411/Jjem.V1i2.522.