PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Main Article Content

Yuliantika Giyan Priswanti Iksam Iksam Taufik Hidayat Mustamiroh Mustamiroh

Abstract

Saat ini, terdapat banyak keterampilan hidup yang perlu dimiliki oleh peserta didik, khususnya dalam konteks pendidikan, antara lain kemampuan komunikasi yang baik. Dengan keterampilan berkomunikasi yang baik, peserta didik mampu memberikan tanggapan, mengemukakan ide dan pendapatnya, serta berani mengajukan pertanyaan dengan sopan ketika menghadapi kesulitan dalam memahami pelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa keterampilan berkomunikasi peserta didik sangat rendah, hal tersebut ditunjukkan pada saat pembelajaran berlangsung, peserta didik kurang mampu untuk menyampaikan pendapatnya dengan baik dan tertuju, kemudian juga masih belum mampu untuk mengkomunikasikan hasil yang telah diperoleh kepada teman sejawatnya secara baik. Salah satu metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kajian bertujuan menentukan bagaimana kemampuan komunikasi peserta didik kelas V dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif TPS. Dalam penelitian ini, mengggunakan metode kuasi eksperimen dengan teknik sampling jenuh, melibatkan 54 peserta didik dibagi menjadi responden kelompok eksperimen dan kontrol. Untuk analisis data, digunakan berbagai teknik, termasuk uji validitas dan reliabilitas, pengujian asumsi klasik, serta uji normalitas, heteroskedastisitas, linieritas, dan regresi linier sederhana. Hasil dari uji hipotesis yakni nilai sig. thitung (13,424) > ttabel (1,675), yang mengindikasikan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS secara signifikan mempengaruhi keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas V dalam mata pelajaran pendidikan pancasila. Nilai uji t menunjukkan pengaruh yang signifikan sebesar 77,6% terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Priswanti, I. Iksam, T. Hidayat, and M. Mustamiroh, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 153-161, May 2025.
Section
Artikel

References

Ahmad Rizalul Kamal, Mustamiroh, M., & Rosita Putri Rahmi Haerani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Manusia melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1058–1064. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.728
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772/pdf
Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. H., Hapsari, B., & Daniar, A. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif (B. Wijayama (ed.)). Cahya Ghani Recovery. https://books.google.co.id
Angriyani, D. H., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tps (Think Pair Share) Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas Iv a the Effect of the Tps Learning Model on the Speaking Ability of Students Grade Iv a Sdn 5 Cakranegar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 137–147.
Aprianti, N. (2021). Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Kooperati Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Tema 7 Kelas V Sekolah Dasar.
Astra, I. M., Susanti, D., & Sakinah, S. (2020). The effects of cooperative learning model think pair share assisted by animation media on learning outcomes of physics in high school. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022005
Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 157–174. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385
Fauzan, A., Rispawati, R., & Salam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 12–21. https://doi.org/10.24036/8851412512020503
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Ilham, F., & Nugraha, A. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(3), 648–657. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.647-657
Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Hasil Belajar. 9(2), 279–295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Lingga, Y., Azwar, I., & Hasanah, S. U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas Viii Smp Negeri 2 Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Jurnal Pendidikan Karakter dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(3), 41–48.
Noor, A. F., Khunaifi, A. R., Setyawan, D., & Supriyadi, A. (2023). Eksistensi diri melalui tes RMIB dan keterampilan berkomunikasi bagi siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 335–345. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19472
Prihandini, S. D., Suryono, H., & Winarno, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Intellectual Skills Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal PPKn, 8(1), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.2019/jppkn.v8i1.72
Putri, A. R., Fakhruddin, M., & Yanuardi, M. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3119–3126. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1350
Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa Setelah Diterapkan Strategi Active Knowledge Sharing Ketika Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 247–251.
Silva, H., Lopes, J., Dominguez, C., & Morais, E. (2022). Think-Pair-Share and Roundtable: Two Cooperative Learning Structures to Enhance Critical Thinking Skills of 4th Graders. International Electronic Journal of Elementary Education, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.26822/iejee.2022.274
Suciwati, H. (2021). Kemampuan Komunikasi Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 5(1), 67. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9410
Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di Sekolah Memengah Atas. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp1-12
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In H. A. Zanki (Ed.), Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Harits Azm, Vol. 1, Nomor April). Penerbit Adab.
Winaryo, Lestari, D. C., & Handoko, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair- Share ( TPS ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tanjung Jabung Timur Jambi. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(04), 1057–1070.