ANALISIS PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HUKUM II NEWTON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal Hukum Newton II. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 31 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini terdiri dari 5 soal essay yang dibagi berdasarkan 5 indikator menurut Eniss. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator Elementary clarity sebesar 81% dengan kategori sangat rendah, indikator Basic support sebesar 74% dengan kategori rendah, indikator Inference sebesar 53% dengan kategori rendah, indikator Advanced clarity sebesar 60% dengan kategori sangat rendah, indikator Strategies and tactical sebesar 69% dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya masih sangat rendah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arifah, N. K. (2021). Hubungan Antara Model Pembelajaran Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(1), 14-20.
Arini, W. & Mulia. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Peserta didik Kelas X Sma Negri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia , 10(1), 1-14.
Ennis, R. H. (1985). A Logical basis measuring critical thinking skills. Association for Supervision and Curriculum Development, 48 .
Fenny Fenesiia, E. T. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model PBL Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4-5.
Jannah, D. R. (Jurnal Basicedu). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 2022, 6(1), 1064-1074.
Komariyah, S. &. (2018). Pengaruh kemampuan Berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55-60.
Rini, D. S. (2020). Boosting student critical thinking ability through project based learning, motivation and visual, auditory, kinesthetic learning stly: A study on Ecosytem Topic. Universal Journal of Education Research, 8(4), 37-44.
Rohman. (2022). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laks Bang Mediatama.
Shaw, A. L. (22020). Thinking Critically About Criticaal Thingking; Validating the Russian Helgathen Critical Thingking Assessment. Studies in Higer Education, 4(5), 1933-1948.
Slamet. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempangaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suhartini, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Murid kelas X-A SMAN 3 Pandeglang pada Materi Energi Terbarukan. . MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 9(1), 97-101.
Supena, I. D. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students' learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873-892.