PENGGUNAAN TEKNOLOGI MOBILE UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI LUAR RUANGAN

Main Article Content

Neni Mulyani Jeperson Hutahaean Jihan Aulia Putri Fahdrina

Abstract

Pembelajaran di luar ruangan memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, namun masih banyak kendala dalam penerapannya, seperti keterbatasan sumber belajar, kurangnya panduan interaktif, serta kesulitan dalam mengukur efektivitas pembelajaran secara real-time. Teknologi mobile dapat menjadi solusi inovatif dengan menyediakan akses ke informasi, alat bantu interaktif, serta sistem evaluasi yang lebih fleksibel dan efektif. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pemanfaatan teknologi mobile dalam mendukung pembelajaran interaktif di luar ruangan dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran berbasis teknologi mobile yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu studi literatur dan analisis kebutuhan, perancangan sistem aplikasi mobile dengan fitur interaktif seperti augmented reality (AR) dan kuis real-time, implementasi dan pengujian aplikasi di lingkungan sekolah, serta evaluasi efektivitas sistem berdasarkan hasil kuesioner, wawancara, dan analisis data penggunaan aplikasi. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini mencakup pengembangan aplikasi mobile sebagai media pembelajaran interaktif, publikasi ilmiah terkait inovasi pembelajaran berbasis teknologi mobile, serta panduan implementasi bagi pendidik. Dengan tingkat kesiapan teknologi (TKT) yang berada pada level 4 hingga 6, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan model pembelajaran interaktif yang lebih inovatif dan adaptif dengan kemajuan teknologi.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Mulyani, J. Hutahaean, and J. Putri Fahdrina, “PENGGUNAAN TEKNOLOGI MOBILE UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI LUAR RUANGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 500-505, May 2025.
Section
Artikel

References

Daring Di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 03(1), 448–451.
Kencono, D. S., & Winarsih, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga Edukasi Ramah Lingkungan Sekolah PAUD di Kota Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 291–297. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i3.2082
Khairani, D., Iqbal, M., Rosyada, D., Zulkifli, Z., & Mintarsih, F. (2021). Penerimaan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Dengan E-Learning dan Gim di Masa Pandemi COVID-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 346–361. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.958
Khoirotunnisa, A. U. (2023). Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Merangsang Dan Inovatif. In Revolusi Belajar Di Era Digital.
Kristanti, T. (2025). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pembelajaran. 8(1), 238–251.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.
Mirrota, D. D. (2024). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Inklusi. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 89–101. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1423
Ramadhan R, Wahyudin A Y, & Santosa A, P. C. A. (2023). Pendampingan Penyusunan Perangkat PembelajaranBerbasis Mobile Bagi Guru Sman 5 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 201–207.
Reality, A., & Reality, V. (n.d.). Dalam bisnis.
Saputra, A. M. A., Huriati, N., Lahiya, A., Bahansubu, A., Rofi’i, A., & Taupiq, T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Potensi Siswa. Journal on Education, 6(1), 1102–1110. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3050
Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. 1852–1860.
Sutrisno, T. (2021). Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 75–90.
Yugo Susanto, Sri Bangun Lestari, E. P. (2020). На Главную | База 1 | База 2 | База 3. International Journal of Environmental Research and Public Health, 1(2), 1–10.