STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA MODERN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTRENKARAMATUL AULIA LIANG ANGGANG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi Pondok Pesantren Karamatul Aulia dalam pembelajaran kitab kuning di era modern, (2) menganalisis strategi manajemen pembelajaran yang diterapkan pesantren, dan (3) mengkaji peran guru dan santri dalam mengelola pembelajaran kitab kuning menggunakan metode tradisional. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara di Pondok Pesantren Karamatul Aulia Liang Anggang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren menghadapi tantangan terkait perkembangan teknologi, globalisasi, dan efektivitas metode pembelajaran. Namun, pesantren berhasil merumuskan dan mengimplementasikan strategi manajemen pembelajaran kitab kuning melalui tiga tahapan: perumusan, implementasi, dan evaluasi. Pondok Pesantren Karamatul Aulia memanfaatkan metode sorogan dan bandongan, serta menyesuaikan kurikulum dengan isu modern. Implementasi strategi mencakup penguatan pembelajaran melalui ibadah, muthola'ah, mudzakarah, dan pemanfaatan teknologi. Evaluasi strategi menunjukkan bahwa penggunaan metode interaktif, penguatan karakter, serta pembatasan penggunaan teknologi berhasil menjaga kualitas pembelajaran kitab kuning dan mempertahankan tradisi pesantren. Peran guru dan santri juga sangat penting, di mana guru tidak hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga menanamkan adab dan akhlak, sementara santri berperan aktif dalam menggali ilmu dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kolaborasi ini memastikan pembelajaran kitab kuning berjalan efektif, baik dalam aspek ilmu maupun karakter.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, R. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Pengajar dalam Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Al-Ghazali. (2005). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Anwar, M. (2021). Contextual Learning dalam Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anwar, M. (2020). Experiential Learning dalam Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, M. (2022). Dinamika Pendidikan Pesantren di Era Digital. Jakarta: Kencana.
Aziz, M. (2021). Learning by Doing dalam Pendidikan Islam Tradisional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Durkheim, E. (1982). The Rules of Sociological Method. New York: Free Press.
Hasan, M. (2021). Transformative Islamic Education: Adaptasi Pesantren di Era Modern. Jakarta: Kencana.
Hasan, M. (2022). Ilmu Alat sebagai Kunci Memahami Kitab Kuning dalam Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Hidayat, A. (2021). Adaptive Islamic Education: Strategi Pesantren di Era Digital. Jakarta: Kencana.
Hidayat, T. (2020). Disiplin dan Adab dalam Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Kencana.
Huda, S. (2019). Strategi Efektif Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Tradisional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibnu Khaldun. (2000). Muqaddimah. Beirut: Dar al-Fikr.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall
Madjid, N. (1992). Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.
Malik, R. (2022). Integrasi Nilai Klasik dan Modern dalam Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Maulana, R. (2022). Peer-Assisted Learning dalam Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin. (2021). Dinamika Pendidikan Pesantren di Era Modern. Jakarta: Kencana.
Nasution, A. (2021). Digital Distraction dalam Pembelajaran Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam: Perspektif Pembelajaran Sosial dalam Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahman, F. (2020). Pendidikan Karakter Islam: Konsep dan Implementasi di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahman, A. (2023). Efektivitas Metode Sorogan dan Bandongan dalam Pembelajaran Kitab Kuning. Jakarta: Kencana.
Ramdani, A. (2021). Peran Kiai dalam Pendidikan Karakter di Pesantren. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparlan. (2020). Strategi Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Suyadi. (2022). Strategi Pembelajaran Mandiri di Pesantren Tradisional. Jakarta: Kencana.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Zamroni. (2019). Pendidikan Karakter dalam Sistem Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zarkasyi, H. (2021). Eksistensi Pesantren dalam Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana.