EFEKTIVITAS DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN: SEBUAH KAJIAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menetahui efektivitas pendekatan deep learning terhadap hasil belajar siswa melalui metode Systematic Literature Review (SLR) guna mengidentifikasi dampak utama, tantangan nya dalam dunia pendidikan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan SLR, yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian terkait deep learning dalam pendidikan. Kata kunci yang digunakan adalah “deep learning in education” dengan basis data SCILIT. Adapun kriteria inklusi yang digunakan adalah Jurnal penelitian yang open access dan top cite paper, berasal dari Jurnal Internasional Bereputasi, yaitu Scopus, Elsevier, MDPI AG, IEEE dari tahun 2021-2024. Sedangkan kriteria ekslusif nya adalah jurnal berbahasa Indonesia. Akhirnya jurnal yang tersaring berjumlah 13 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan deep learning secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep, retensi jangka panjang, serta keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Selain itu, deep learning juga terbukti meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, mendorong kolaborasi, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih adaptif dan berbasis data. Namun, beberapa tantangan yang diidentifikasi meliputi kurangnya kesiapan pendidik dalam mengelola teknologi ini, keterbatasan infrastruktur di beberapa institusi pendidikan, serta permasalahan etika dalam pengelolaan data siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan perlunya strategi yang lebih matang dalam mengintegrasikan deep learning dalam pendidikan, termasuk pengembangan pelatihan bagi pendidik, kebijakan yang mendukung penggunaan teknologi secara etis, serta investasi dalam sistem pembelajaran berbasis kecerdasan buatan yang lebih inklusif. Dengan demikian, deep learning dapat dioptimalkan sebagai alat transformasi pendidikan
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al-Jannah, S., & Aly, H. N. (2023). Kurikulum Sebagai Pilar Pengembangan Individual Siswa SMA: Pendekatan Holistik untuk Masa Depan yang Berkilau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 540–548.
Alhammadi, S. (2021). The Effect of the COVID-19 Pandemic on Learning Quality and Practices in Higher Education—Using Deep and Surface Approaches. Education Sciences, 11(9), 462.
Alruwais, N. M., & Zakariah, M. (2024). Student Recognition and Activity Monitoring in E-Classes Using Deep Learning in Higher Education. IEEE Access, 12, 66110–66128. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2024.3354981
Bloom, B. S., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. In Handbook I: Cognitive Domain.
Cao, Y., & Yongke Sun. (2024). The Research on the Application of Deep Learning in Education. IETI Transactions on Data Analysis and Forecasting (ITDAF), 2(3), 4–11. https://doi.org/10.3991/itdaf.v2i3.51413
Chen, J., & Singh, C. K. S. (2024). A Systematic Review on Deep Learning in Education: Concepts, Factors, Models and Measurements. Journal of Education and Educational Research, 7(1), 125–129. https://doi.org/10.54097/gzk2yd38
Haditia, M., Sinaga, M. N. A., Soepriyanto, Y., Purnomo, P., & Ma’ruf, R. A. (2024). Perbandingan Efektivitas Metode Pembelajaran Tradisional dan Digital dalam Peningkatan Kompetensi Mengaji di Sekolah Lembaga Kompetensi Mengaji. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6447–6453. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5198
Harris, C. J., Krajcik, J. S., Pellegrino, J. W., & DeBarger, A. H. (2019). Designing Knowledge-In-Use Assessments to Promote Deeper Learning. Educational Measurement: Issues and Practice, 38(2). https://doi.org/10.1111/emip.12253
Lentzen, M., Jungeblut, J., & Spahn, T. (2024). Deeper Learning in der Praxis. Pädagogik, 3, 42–45. https://doi.org/10.3262/PAED2403042
M. Elbashbishy, E. (2024). Deep Learning in Education. Sustainability Education Globe, 2(1), 15–21.
McLeod, S. (2016). Social Learning Theory Bandura Social Learning Theory. Learning Theories, October.
Miller, K. A., Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1988). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Contemporary Sociology, 17(2). https://doi.org/10.2307/2070638
Mystakidis, S. (2021). Deep Meaningful Learning. Encyclopedia, 1(3). https://doi.org/10.3390/encyclopedia1030075
Mystakidis, S., Berki, E., & Valtanen, J.-P. (2021). Deep and Meaningful E-Learning with Social Virtual Reality Environments in Higher Education: A Systematic Literature Review. Applied Sciences, 11(5), 2412. https://doi.org/10.3390/app11052412
Naseer, F., Khan, M. N., Tahir, M., Addas, A., & Aejaz, S. M. H. (2024). Integrating deep learning techniques for personalized learning pathways in higher education. Heliyon, 10(11), e32628. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32628
Otto, S., Körner, F., Marschke, B. A., Merten, M. J., Brandt, S., Sotiriou, S., & Bogner, F. X. (2020). Deeper learning as integrated knowledge and fascination for Science. International Journal of Science Education, 42(5). https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1730476
Piaget, J. (2007). The origins of intelligence in children. In The origins of intelligence in children. https://doi.org/10.1037/11494-000
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rakhmawati, D., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Nurhasanah, A. (2024). Peran guru dalam mengoptimalkan model-model pembelajaran berorientasi pada keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 75–85. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1352
Ru, C. (2024). Research on the design and application of smart classroom teaching models for promoting deep learning. MATEC Web of Conferences, 395, 01025. https://doi.org/10.1051/matecconf/202439501025
Safarov, F., Kutlimuratov, A., Abdusalomov, A. B., Nasimov, R., & Cho, Y.-I. (2023). Deep Learning Recommendations of E-Education Based on Clustering and Sequence. Electronics, 12(4), 809. https://doi.org/10.3390/electronics12040809
SHAMURATOVA, D. (2024). THE SURFACE AND DEEP APPROACHES TO LEARNING AND TEACHING THE ENGLISH LANGUAGE IN HIGHER EDUCATION. UzMU Xabarlari, 1(1.2), 263–266. https://doi.org/10.69617/uzmu.v1i1.2.1004
Solissa, E. M., Rakhmawati, E., Maulinda, R., Syamsuri, S., & Putri, I. D. A. (2024). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 558. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3284
Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296
Vygotsky, L. S. (1978). Mind and Society: The Development of Higher Psychological Processes. In Harvard University Press.
Wibawa, A. P., Dwiyanto, F. A., & Utama, A. B. P. (2022). Deep learning in education: a bibliometric analysis. Bulletin of Social Informatics Theory and Application, 6(2), 151–157. https://doi.org/10.31763/businta.v6i2.596