PENGEMBANGAN MATERI QIRO’AH MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Main Article Content

Tania Pramudita Kristina Imron Nazarmanto Nazarmanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi qiro’ah berbasis e-learning menggunakan Moodle dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran qiro’ah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Reseacrh and  Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil pengembangan berupa Materi Qiro’ah berbasis Moodle. Hasil kalayakan validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 78,33% dan untuk kelayakan validasi oleh ahli media yaitu sebesar 83,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil angket kebutuhan siswa sebesar 71% dengan ini siswa membutuhan pembelajaran dengan menggunakan e-learning dan untuk angket respon siswa sebesar 87,6% yang mana siswa tertarik daam pemanfaatan teknologi. Hasil untuk Pre-Test sebesar 51% sebelum perlakuan dan hasil Post-Test sebesar 84% sesudah perlakuan. Dengan hasil N-Gain sebasar 0,65 dengan kategori peningkatan sedang.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Pramudita, K. Imron, and N. Nazarmanto, “PENGEMBANGAN MATERI QIRO’AH MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 100-109, May 2025.
Section
Artikel

References

Ajiatmojo, A. S. (2021). PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.525
Azhar, M., Wahyudi, H., Promadi, P., & Masrun, M. (2023). PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20984
Dandulana, R. F., Erviyenni, E., & Susilawati, S. (2023). Pengembangan E-Learning Menggunakan Aplikasi Moodle sebagai Media Pembelajaran Kesetimbangan Kimia untuk Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 143–149. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i2.35906
Diah, H., & Ni’mah, M. A. (2023). Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah: Metode Pembelajaran, Metode Contextual Teaching And Learning, Maharah Qira,ah. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 3(1), 26–41. https://doi.org/10.62825/revorma.v3i1.35
Hafid, W., Imron, K., & Nurani, Q. (2025). Analisis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) terhadap Aplikasi Scratch sebagai media pembelajaran bahasa Arab di smart Society 5.0. Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC), 1(1), 78–102. https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/atalic/article/view/1734
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Setiawan, D., & Suhendra, I. (2019). DAMPAK PERLAKUAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC BAGI CALON GURU TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857
Hanisaniyya, N., Imron, K., Prasetyo, B., Fajriya, A. F., & Nisa, H. (2025). Lingkungan Multikultural dalam Belajar Bahasa Arab di SMA Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2695–2704. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7231
Hekmatyar, G., & Gumeri, M. E. (2024). PEMANFAATAN E-LEARNING MOOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: A LITERATUR REVIEW. 03.
Hidayah, N. (2015). AL-ITTIJÂHÂT AL-HADÎTSAH FÎ TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH BI AL-MA’HAD AS-SALAFI (DIRÂSAH AL-HÂLAH BIMADRASAH AL-MU’ALLIMÎN WA AL-MU’ALLIMÂT SABILUL HASANAH BANYUASIN). Taqdir, 1(1), 128–154.
Hidayah, N. (2019). PELUANG DAN TANTANGAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (KAJIAN PSKOLINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB). Taqdir, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922
Hidayah, N. (2024). CEFR Pada Materi Bahasa Arab: Inovasi Pembelajaran Ramah Anak Pada Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 117–127.
Hidayah, N., & Apriyani, G. (2024). Kemampuan Abad 21 Siswa Pendidikan Menengah di Sumatera Selatan: Sebuah Tinjauan Pembelajaran Menulis Berbahasa Arab di Madrasah. Al-Muktamar As-Sanawi Li Al-Lughah Al-’Arabiyyah (MUSLA), 2(1), 1–10.
Hidayah, N., Mukmin, M., & Athalla, M. N. (2024). Development of Balaghoh Badi’ Questions based on HOTS using WordWall Media for Madrasah Aliyah Students. ICEETE Conference Series, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36728/iceete.v2i1.163
Hidayah, N., Mukmin, M., & Eltika, L. (2023). Konsep Aritmetika pada Perubahan Kata Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 153–169.
Hidayah, N., Mukmin, M., & Marfuah, S. (2023). The Correlation between Arabic Learning Motivation and Arabic Language Competence of Education Study Program Students in Post-COVID-19 Pandemic. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 15(2), 380–398.
Hidayah, N., Mukmin, M., & Rahma, M. (2021). Kecerdasan Dan Kepribadian Siswa di SMP IT Fathona Palembang Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara. Taqdir, 7(1), 115–130. https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i1.8455
Hidayah, N., & Muyassaroh, L. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Muslim Berbasis Moderasi Beragama di Sekolah Umum. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 192–197.
Hidayah, N., & Nofiasari, U. (n.d.). LEARNING EVALUATION OF ARABIC MORFHOPLOGY FOR TSANAWIYAH STUDENTS BASED ON 21ST CENTURY COMPETENCIES USING THE EDUCANDY WEB.
Hidayah, N., & Setiawan, A. (2021). PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM BEROLAHRAGA SELAMA MASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBAHASA ARAB. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS UTP SURAKARTA, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.16
Hidayat, M. R., El-Feyza, M., Hs, Muh. A., Akmaluddin, M., & Nazarmanto, N. (2023). Otoritas Dakwah Virtual dalam Tafsir Rahmat H. Oemar Bakry: Analisis Intertekstualitas Julia Kristeva. An-Nida’, 47(1), 98. https://doi.org/10.24014/an-nida.v47i1.23022
Ihdatul Hidayah & Novi Kusumaningrum. (2021). MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INTERNET. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 2(1), 65–90. https://doi.org/10.56874/faf.v2i1.355
Imron, K., Abdullah, M. Y., Nurani, Q., Rohayati, E., & Jamanuddin, J. (2024). A New Direction of Arabic Language Teaching: Integration Muthala’ah Text Book and Religious Moderation Concept. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 12(1), 69–88. https://doi.org/10.23971/altarib.v12i1.7779
Imron, K., & Humairoh, S. (2023). KONSEPSI IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), Article 1.
Imron, K., Nurani, Q., & Ummi, M. (2024). THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024.
Irmansyah, I., & Fera, Y. M. (2018). TA’TSÎR ISTÎ’ÂB AL-MUFRODÂT WA MADDAH AS-SHARF ‘ALA MAHÂRAH AL-QIRÂ’AH LADAY AT-TILMÎDZÂT FIL-MADRASAH AD-DÎNIYYAH BIMA’HAD AZ-ZAHRA’ PALEMBANG. Taqdir, 4(2), 58–74. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i2.3123
Irmansyah, I., Qaaf, M. A., & Yuslina, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual). Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 3(01), 69–86.
Jamanuddin`, J., & Fitriyani, F. (2017). TATHBÎQ AL-THARÎQAH AL-‘ASYWAIYYAH LITARQIYYAH MAHÂRAH AL-KITÂBAH LADAYY AL-TALÂMÎDZ FÎ AL-SHAFFI AL-KHÂMIS BIL-MADRASAH AL-IBTIDÂIYYAH LIMA’HAD AL-ISLÂMIYYAH PALEMBANG. Taqdir, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/taqdir.v3i2.1761
Jibril, M., Imron, K., & Nurani, Q. (2024). THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024.
Jumhur, J. (2022). Learning Classroom Environment and Mufrodat Memory Ability of Madrasah Students in Palembang. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2554
Kurnia, N., Jumhur, & Sabana, R. (2025). Pembelajaran Maharah Istima’ Dengan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Menggunakan Aplikasi Benime Di MTs N 1 Palembang: Pembelajaran Maharah Istima’ Dengan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Menggunakan Aplikasi Benime Di MTs N 1 Palembang. Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC), 1(1), Article 1.
Ludiman, L., Zainuddin, C., & Mukmin, M. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada Pengajaran Kitab Kuning Bulūġu Al-Marām. Muaddib: Islamic Education Journal, 5(2), 65–78.
Malihah, S., Syarifudin, A., & Rohayati, E. (2025). Pengaruh Kompetensi Sosial guru, Kecerdasan Siswa, Penguasaan Ilmu Nahwu Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab. Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC), 1(1), Article 1.
Manurung, J., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) di Sd. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 676. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5596
Muhammad, K., & Irmansyah, I. (2024). Utilizing Interactive Media to Enhance Arabic Literacy in Secondary School Students. IJ-ATL (International Journal of Arabic Teaching and Learning), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.33650/ijatl.v8i2.10364
Muhammad, K., Irmansyah, I., & Febiola, E. V. (2023). Analysis of Students’ Reading Strategies in Shaping Academic Success. IJ-ATL (International Journal of Arabic Teaching and Learning), 7(2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/ij-atl/article/view/5069
Muhammad, K., & Purnama, N. (2024). THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024.
Mukmin, Hidayah, N., & Amelina, N. (2024). Evaluasi Program Intensif Bahasa Arab pada Kelas Akselerasi di Pondok Pesantren. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1.2570
Mukmin, M., & Ghofur, A. (2018). TAHLÎL AL-AKHTÂ’ AL-NAHWIYYAH FÎ QIRÂAH KUTUB AL-TUROTS ‘INDA AL-TALÂMÎDZ BI MA’HAD AL-FALAH AL-SALAFI BANYUASIN. Taqdir, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i1.2282
Mukmin, M., & HIDAYAH, N. (2017). TA’LÎM MAHÂRAH AL-QIRÂ’AH LIKULLI MARÂHIL AL-TA’LÎM. Taqdir, 3(2), 97–112.
Mukmin, M., Hidayah, N., & Marpuah, S. (2023). Reorientation of The Arabic Language Curriculum for Secondary Education in The Endemic Era. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 10(2), 217–229.
Nabila Aswari, N., Nuraida, N., Nazarmanto, N., & Hasnah Nasution, N. (2022). Manajemen Pondok Pesantren Aulia Cendekia Palembang Untuk Meningkatkan Keterampilan Santri Dalam Berdakwah. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(2), 18–41. https://doi.org/10.19109/yonetim.v5i2.15206
Nazarmanto, N. (2019). Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah fī Dhaui Tiknulujiya at-Ta’līm al-Iliktruni fī al-Fashli as-Sâbi’ bi al-Madrasah ats-Tsânawiyyah al-Dīniyyah al-‘Ilmiyyah al-Islâmiyyah Al-Azhar Cairo Palembang. Taqdir, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i1.3531
Nazarmanto, N., & Oktafia, L. (2018). KHASHÂISH TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH BI THARIQAH AL-QIRÂAH AL-JAHRIYYAH BI MADRASAH AL-TSÂNAWIYYAH PARADIGMA PALEMBANG. Taqdir, 4(1), 107–122. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i1.2283
Nurani, Q. (2019). Al-Mahârât al-Asasiyyah fī Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah Laday Mu’allim al-Lughah al-‘Arabiyyah fī al-Madrasah al-‘Âliyyah al-Hukumiyyah 6 Palembang. Taqdir, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i1.3526
Nurani, Q. (2022). Hiwar Method In Increasing The Speaking Skill Of Ma’had Al-Jami’ah Students. 11(2).
Nurani, Q., Qaaf, M. A., & Aripin, A. S. (2023). Imla dan Komputer Arab Sebagai Transformasi Mata Kuliah Kitabah Mubtadi di UIN Raden Fatah Palembang. Khazanah Multidisiplin, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15575/kl.v4i2.25146
Nuriyah, M., Wasilah, W., Rohayati, E., Nurhaliza, D. F., & Atthohiro, N. N. A. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Teori Operant Conditioning untuk Siswa Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Retrieved March 13, 2025, from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7258
Nurul Hidayah, M. P. I. (2022). Taṣmīm Ta’līm mahārah Al-Kitābah ‘Ala Ḍau’ al-Madkhal al-Bināī li al-Ṭālibah bi Qism Ta’līm al-Lugah al-Arabiyyah. Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 2(1), Article 1.
Prasetyo, B. (2019). Tatsīr Hifdz al-Qur’ân fī Natâij Ta’allum al-Lughah al-‘Arabiyyah. Taqdir, 5(2), 77–93. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.5016
Purwanti, A., Imron, K., & Dewi, K. (2022). Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Audio Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B Di TKTunas Karya Kota Pagar Alam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5876–5888. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6409
Rachman, H. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. 9.
rahmahannisa, Wasilah, & Sabana, R. (2025). Implementation of Collaborative Learning Method on Arabic Language Material at Mts Nasyril Islam Palembang. Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC), 1(1), Article 1.
Ramadhani, A. (2024). THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024.
Sabana, R. (2020). Monitoring Management of Arabic Language Teaching in Al-Azhar Cairo Islamic Elementary School Palembang. Ittishal Educational Research Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51425/ierj.v1i1.8
Sabana, R., Imron, K., & Ulayya, S. (2024). Pengembangan Materi Qiraah Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Media Pixton Komik di MTsN 1 Palembang. Arabia, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/arabia.v16i1.24344
Sabana, R., & Madinah, M. (2024). Lingkungan Artifisial dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.989
Sari, L., Yuniar, & Qaaf, M. A. (2025). Pengembangan Instrumen Tes Nahwu Berbasis Taksonomi SOLO Menggunakan Aplikasi Kahoot di MTs As Salam Palembang. Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC), 1(1), Article 1.
Septriani, E., Imron, K., & Oktamarina, L. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Tantrum Anak Usia 5-8 Tahun (Fenomenologi di Desa Air Gading Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1425–1431. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.587
Sugiharyanti, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 212–220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.364
Tessia, T. F., & Hidayah, N. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Genius Learning Menggunakan Media Blooket di MI Ikhlasiyah Palembang. Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC), 1(1), 288–319. https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/atalic/article/view/1738
Ummi, M., Imron, K., & Nurani, Q. (2025). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Qira’ah Berbasis Wordwall Tipe Whack-A-Mole Di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Arabic Teaching and Learning International Conference (ATALIC), 1(1), 577–597. https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/atalic/article/view/1733
Wasilah, Nazarmanto, Utami, S. T., & Hidayah, N. (2024). COOPERATIVE LEARNING IN ARABIC WRITING SKILL WITH MEDIA CHAIN WORD FLAG. Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 3(1), Article 1.
Wasilah, W. (2022). The development of teaching Arabic through Higher Thinking (HoTS) for students of the Islamic Boarding School in South Sumatra. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.30999/an-nida.v11i2.2555
Wasilah, W., Imamuddin, M., Aniswita, A., & Rahmat, T. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas XI SMA N 1 Kecamatan Kapur IX Tahun Pelajaran 2022/2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), Article 6.
Wasilah, W., Jumhur, J., & Cahyani, R. D. (2023). Development of Quantum Teaching-Based Shorof Materials at Madrasah Aliyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3616
Wicaksana, E. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BAKAT PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID -19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937
Yusuf, M., Soraya, N., & Rohayati, E. (2024). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kegiatan Exskul di Ma’had Ta’limul Qur’an Talang Kelapa Palembang. PROSIDING KONIPBSA: Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), Article 1. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/konipbsa/article/view/1604