PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis Project-Based Learning (PBL) pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK, menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul ini dikembangkan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa, pemahaman konsep, serta keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran berbasis proyek.. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, sementara uji coba pengguna melibatkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah TIK di Universitas Negeri Makassar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket keterbacaan, serta uji validitas modul. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan memenuhi standar kualitas yang sangat baik dalam aspek desain visual, navigasi, keterbacaan, serta efektivitas pembelajaran berbasis PBL. Uji coba pengguna menunjukkan bahwa modul ini mudah diakses, menarik, serta mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep TIK. Elemen multimedia dan fitur interaktif dalam modul, seperti kuis dan gamifikasi, juga dinilai membantu meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anderson, T., & Dron, J. (2011). Three generations of distance education pedagogy. International Review of Research in Open and Distance Learning, 12(3), 80–97. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i3.890
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236 Modul
Aulia, S. M., Siburian, E. P. T., Angin, L. M. P., & Purnomo, T. W. (2022). E-Modul Praktikum Seni Musik : Bahan Ajar Digital Berbasis Case Method dan Team Based Project. Grenek: Jurnal Seni Musik, 11(2), 140–150. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/grenek.v11i2.39353
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.
Clausen, N. R. (2023). Self-Directed Learning in Problem-and Project-Based Learning: A Study of Self-Direction in the Aalborg PBL Model. Aalborg University Press. https://doi.org/10.54337/aau679676715
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. R. I. (2023). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 210/M/2023. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3305
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning Second Edition. In Cambridge University Press. Cambridge University Press.
Molenda, M. (2007). In Search of The Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 46(9), 9–16. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508
Nisrina, S. H., Rokhmawati, R. I., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Jurnal, 8(08), 82–90. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451
Rini, T. A., & Cholifah, P. S. (2020). Electronic Module With Project Based Learning: Innovation of Digital Learning Product on 4.0 Era. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 155–161. https://doi.org/10.17977/um039v5i22020p155
Siregar, A. D., & Harahap, L. K. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi Hyperchem Pada Materi Bentuk Molekul. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1925. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931
Usman, H., & Akbar, P. S. (2012). Pengantar Statistika. Bumi Aksara.
Wahyudin, Qobus, M. S., Fathimah, N. S., Riza, L. S., & Adedokun-Shittu, N. A. (2024). The Implementation of Project-Based Learning ( PBL ) with ADDIE Model to Improve Students ’ Creative Thinking Ability. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 9(2), 283–293. https://doi.org/10.21831/elinvo.v9i2.77240
Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 198–211. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8527