FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN DALAM PEMBELAJARAN INKLUSI
Main Article Content
Abstract
Pendidikan inklusi bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Keberhasilan pembelajaran inklusi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti desain kelas yang mendukung, kesiapan guru, dan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan pembelajaran inklusi di SD Al-Fityah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran inklusi bergantung pada faktor visibility, accessibility, fleksibelity (keluwesan), kenyamanan, dan keindahan dalam desain kelas, serta dukungan dari tenaga pendidik dan lingkungan sekolah. Studi ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dan perbaikan sarana kelas agar lebih inklusif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amrulloh, A., darajaatul Aliyah, N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MTS Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. Al- Mikraj Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 188-200.
Anggreani, K., Tafsira, N. A., Febriyani, T., & Syafitri, E. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Strategi Efektif. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 199-204.
Ariani, A. (2020). Pemenuhan Aksesibilitas Sarana dan Prasarana Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Kota Banjarmasin. Pahlawan, 16(1), 121-127.
Arriani, F., Agustiawati, Rizki, A., Ranti, W., Wibowo, S., Tulalessy, C., & Herawati, F. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 74.
Awanda, I., & Sari, T. M. (2024). Peran Guru dalam Pendidikan Inklusi. Quantum Edukatif: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(2), 32-38.
Burgstahler, S. (2021). Universal Design in Education: Principles and Applications. University of Washington Press.
Fitria, AW (2024). Membangun Keadilan dan Kesetaraan Pembelajaran dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Inklusi. Jurnal Panrita.
Inggritiya, S. E., Mauladhani, A. E., Safitri, I. A., & Bektiarso, S. (2024). Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas terhadap Kenyamanan Siswa dan Efektivitas
Pembelajaran. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan| E-ISSN: 3062-7788, 1(3), 84-89.
Janawati, N. L. P. G., Supena, A., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 211-221.
Jauhari, M. N., & Idhartono, A. R. (2022). Pengoptimalan Aksesibilitas Fisik Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Disekolah Inklusi. Kanigara, 2(1), 264-269.
Karmelia, B. (2024). Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Untuk Mendukung Diversitas Siswa Pada Sekolah Inklusi. Jurnal Sadewa, 2(2), 188–198.
Khayati, NA, Muna, F., & Oktaviani, ED (2020). Peranan Guru dalam Pendidikan Inklusif untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's). Jurnal Pendidikan.
Kristiana, IF, & Psi, M. (2021). Peran Guru dalam Menjawab Tantangan Implementasi Pendidikan Inklusi di Era Society 5.0. Universitas Diponegoro.
Marhadi, H., & Hakam, K. A. (2023). 30.Marhadi, H., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023, March). Developing Batobo-Based Worksheet as Teaching Material in Elementary School. In Fifth Sriwijaya University Learning and Education International Confer.pdf. 1, 151–157.
Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072-5087.
Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, MS (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Permendiknas No. 70 Tahun 2009. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Ramadhani, M. L. (2017). Desain Interior Sekolah Inklusi Galuh Handayani Surabaya yang Ramah Anak dengan Konsep Modern. In Institut Teknologi Sepuluh November.
Rahman, NA (2024). Kendala Guru dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Kondusif pada Sekolah Penggerak. Universitas Jambi.
Rosita, T., Suherman, MM, & Nurhaqy, AA (2022). Keterampilan Kolaborasi Guru Sekolah Dasar untuk Keberhasilan Pendidikan Inklusif. Warta Pengabdian.
Sari, N. (2022). Model Analisis Data Kualitatif dalam Studi Pendidikan. Jurnal Metodologi Penelitian, 10(3), 78-92.
Utama, AH (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Yusra, S. R., & Rita Mariyana, H. D. (2019). Penataan Kelas Pada Paud Inklusi. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(229), 66-75.