PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBAANTUAN NEARPOD PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui; (1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbantuan nearpod yang dikembangakn berdasarkan penilaian validator, (2) Bagaimana respon praktisi pembelajaran fisika dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbantuan nearpod yang dikembangkan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas XI SMAN 12 Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbantuan nearpod berdasarkan penilaian validator (ahli materi dan ahli media) diperoleh V (indeks kesepakatan 2 pakar) sebesar 1,00 ≥ 0,75, setelah di uji menggunakan uji Gregory, sehingga media pembelajaran interaktif berbantuan nearpod dapat disimpulkan bahwa layak dan siap untuk digunakan. Respon praktisi pembelajaran fisika diperoleh persentase sebesar 89,74% dengan kategori sangat layak, untuk respon peserta didik pada setiap pertemuan diperoleh 92% pada pertemuan I, 96% pada pertemuan II, dan 96% pada pertemuan III, dengan kecenderungan sangat setuju. Hasil uji reliabilitas menunjukkan peningkatan konsistensi pengisian angket peserta didik yaitu pertemuan I adalah 0,268, Pertemuan II adalah 0,318, dan pertemuan III adalah 0,380 termasuk dalam kategori relatif rendah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryantari, W. R. 2014. Pengembangan Mobile Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Siswa Kelas XI IPS SMA. Skripsi.
Arsyad, A., 2016., Media Pembelajaran., (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011).
Budiaji, W. 2013. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133.
Dwiyogo, W. D. 2004. Konsep penelitian dan pengembangan. Pusat Kajian Kebijakan Olahraga LEMLIT UM.
Ernawati, I & Sukardiyono, T., 2017., Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server., Elinvo (Electrinocs, Informatic, and Vocational Education)., Vol. 2., No. 2.
Gregory, R.j. 2015. Psychological Testing: History, Principles, and Applications (A. Dodge, Ed,; Seventh Edition). Pearson Education Limited.
Hakami, M., 2020., “Using Nearpod as a Tool to Promote Active Learning in Higher Education in a BYOD Lear, pp. 119–126.ning Environment.,” J. Educ. Learn., vol. 9, no. 1.
Hartawan, I. K. A., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2014). Pengembangan Portal E-learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha. Vol. 2. No. 1.
Ikhbal, M., Hari Antoni Musril. 2020. Perencanaan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android., Information Management For Educators and Professionals. Vol. 5. No. 1.
Inanta R, Zzulhaji, Indriyani., 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta., Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 4. No. 1.
Jamilah, P. N., Mulyaningsih, N. N., & Bhakti, Y. B. 2020. The Effect of Learning Start Learning Strategy With A Question (LSQ) on the Mastery of Physics Concepts. Bulletin of Educational Science and Technology. Vol. 1. No. 1. Hal. 20-26.
Jennah, R. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin., ANTASARI PRESS
Karimah, M. Dkk. 2024. Studi Literatur: Aplikasi Nearpod sebagai Media Pembelajaran Berbasis STEM terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. ISSN 2613-9189. Hal. 524-528.
Lukmas & Ishartiwi., 2014., Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP., Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan., Vol. 1., No. 2.
Minalti, M. P., & Erita, Y. 2021. Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies. Vol. 4. No. 1. Hal. 2231–2246.
Nurdyansyah, N. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur., UMSIDA Press
Perez, J. E. 2017. Nearpod. Journal of the Medical Library Association. Vol. 105. No. 1.
Purbasari, R.J. 2012. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 2.
Situmorang, A.S., 2020., Microsoft Teams For Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar., Journal Of Mathematics Education and Applied. Vol. 02., No. 01.
Stacy, Delacruz. 2014. Using Nearpod In Elementary Guided Reading Groups. Techtrends. Vol. 58, No. 5.
Sudijono, A., 2015., Pengantar Statistika Pendidikan., Jakarta., Rajawali Pres.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015, Oktober). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).
Utami, R.S., DKK. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Tema6 Subtema 1 Kelas IV. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol. 4.
Wardhany, R. P. K. 2014. Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA.
Widoyoko, E. P. 2011. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Wulandari, A.P. 2023. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education. Vol.05. No. 02. 3929-3930.