PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK GERAK DAN LAGU UNTUK PENCEGAHAN BULLYING DI TK DHARMA WANITA ASTOMULYO LAMPUNG TENGAH

Main Article Content

Dina Wati Siti Kurniasih

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berupa gerak dan lagu untuk pencegahan bullying di taman kanak-kanak bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak tentang perilaku bullying melalui aktivitas yang menyenangkan. Media ini dirancang untuk membantu anak memahami pentingnya empati dan persahabatan, sekaligus memberikan mereka alat untuk mengekspresikan diri. Dengan pendekatan yang interaktif, diharapkan anak-anak dapat lebih mudah menyerap pesan dan menerapkannya dalam interaksi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada indikator bullying verbal, dengan sub indikator anak anak tidak menggunakan kata-kata kasar, anak tidak mengejek teman sebaya, anak tidak memberikan nama-nama buruk terhada teman sebaya, anak tidak mengucilkan teman sebayanya mencapai 93,75% .selanjutnya untuk indikator bullying fisik, dengan sub indikator anak tidak memukul teman sebayanya, anak tidak menendang teman sebayanya, anak tidak menarik rambut teman sebayanya, anak tidak mengintimidasi teman sebayanya  tingkat ketercapaian sebesar 81,25% sehingga guru setuju dengan produk yang dikembangkan dalam  media gerak dan lagu untuk mencegah bullying dan dapat diuji coba ke peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Wati and S. Kurniasih, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK GERAK DAN LAGU UNTUK PENCEGAHAN BULLYING DI TK DHARMA WANITA ASTOMULYO LAMPUNG TENGAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 452-459, May 2025.
Section
Artikel

References

Adeoye, M. A., Adrian, K., Indra, S., Satya, M. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education : Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning Revolutionizing Education : Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. June. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624
Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Alwi, S. (2021). Perilaku Bullying Di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe.
Arumsari, A. D., & Setyawan, D. (2019). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di PAUD. Motoric, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.739
Dewantara, J. P. (2022). Lagu Anak Sebagai Media Dalam Penanaman Karakter Anak Usia Dini. 1(1), 1–8.
Dian Ayu Ningsih, Sholeha, Gabe Deliana Sihombing, Siti Aisah Azarah, Siti Anggraini Pancenang, & Yesi Novitasari. (2024). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Pendekatan Gerak dan Lagu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 92–109. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19764
Fadhilah, N. (2024). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Dengan Media Dongeng Dan Lagu-Lagu Di SDN 02 Bojong Manik Education on Efforts to Prevent Bullying Using the Media of Fairy Tales and Songs at SDN 02 Bojong Manik. Sinesia : Journal of Community Service, 1(1), 1–11.
Fithri, R. (2014). Buku Perkuliahan: Psikologi Belajar. Prodi Psikologi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya, 1–164.
Gardner, H. (1999). Multiple Intellegences. Atlantic Monthly, 3(1), 211–234.
Gina, A., Aeni, N., Rumapea, A. A., & Septian, K. (2023). DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN. 3, 1178–1185.
Khalidazia Ahyar, M., Zulfanova Saputri, S., Khoirunnisa, S., Murdiana, V., Ahmad Dahlan, J. K., Ciputat Timur, K., & Tangerang Selatan, K. (2024). Analisis Peran Emosi Dalam Kasus Pembullyan (Tinjauan Melalui Studi Pustaka). Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan P, 6(1), 19–27.
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Maysarah, M., & Bengkel, B. (2023). Pentingnya Edukasi Anti-Bullying pada Anak Sejak Dini di Panti Asuhan Ar-Rahman. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v2i1.1391
Nasution, F., Siregar, Z., Siregar, R. A., & Zakhra Manullang, A. (2024). 12 Pembelajaran dan Kontruktivis (Fauziah Nasution, dkk) Madani. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 837–841. https://doi.org/10.5281/zenodo.10465606
Sanjaya, M. S., Farantika, D., & Candra, D. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 52–62. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/piaud/article/view/3641
Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 10(2), 192–209.
Sari, Helsy, I., Aisyah, R., & Irwansyah, F. S. (2019). Modul MEDIA PEMBELAJARAN. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2013–2015.
Siti Kurniasih. (2021). Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Gerakan Dan Lagu Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid 19. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(1), 103–111. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd
Suci, N., Jelita, D., Purnamasari, I., & Artikel, I. (2021). DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK. 11.
Suryono, D. (2018). Stimulasi Aspek Dan Perkembangan Anak. Stimulasi Aspek Perkembangan.
Tang, I., & Supraha, W. (2021). Program Pembinaan Korban dan Pelaku Perundungan (Bullying) pada Usia Remaja di SMP. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 170. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i2.4140
Widyaningrum, A. (2019). Lagu Anak Sebagai Preventif Perilaku Bullying. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(2), 186. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3668
Zein, A., Asri Ramadhani, D., Fadiyah Fithri Siregar, J., & Zahra Lubis, H. (2023). Implementasi Alat Musik Dalam Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tk Ra-Azahra. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 171–180. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i2.837