ANALISIS KEBIJAKAN KESETARAAN AKSES DAN MUTU PENDIDIKAN STUDI MULTIDIMENSI PADA SEKOLAH MENENGAH UMUM, MADRASAH DAN PENDIDIKAN TINGGI PESANTREN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan kesetaraan akses dan mutu pendidikan dengan pendekatan multidimensi pada tiga jenis lembaga pendidikan: Sekolah Menengah Umum, Madrasah, dan Pendidikan Tinggi Pesantren. Studi ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan akses dan mutu pendidikan antar lembaga pendidikan tersebut di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metode literature review dengan mengkaji berbagai dokumen kebijakan, laporan penelitian, dan publikasi ilmiah tentang kesetaraan akses dan mutu pendidikan pada ketiga lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat disparitas signifikan dalam hal akses dan mutu pendidikan antara ketiga jenis lembaga, yang dipengaruhi oleh faktor kebijakan pendanaan, infrastruktur, kualifikasi tenaga pendidik, dan kurikulum. Penelitian ini menemukan bahwa kebijakan yang memperhatikan karakteristik khas masing-masing lembaga pendidikan dan memberikan afirmasi khusus pada lembaga yang tertinggal dapat meningkatkan kesetaraan akses dan mutu pendidikan. Studi ini merekomendasikan formulasi kebijakan pendidikan yang inklusif, berkeadilan, dan mempertimbangkan keunikan masing-masing lembaga pendidikan untuk mewujudkan kesetaraan akses dan mutu pendidikan di Indonesia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afalia, W., & Aisyah, E. N. (2023). The Effect of FTV Policy and Economic Factors on Home Ownership Financing in Indonesian Sharia Banking. Malia Journal of Islamic Banking and Finance, 7(1), 43. https://doi.org/10.21043/malia.v7i1.20274
Agustina, M., Majid, M. S. A., Faisal, F., & Musnadi, S. (2023). Does Islamic Banking Sector Matter for Income Disparity Reduction? Empirical Evidence From Indonesia. International Journal of Professional Business Review, 8(5), e01475. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i5.1475
Anggara, B. (2025). Analisis Penggunaan Seskeudes, Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Dengan Tingkat Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi. Journal of Economic Bussines and Accounting (Costing), 8(2), 1042–1055. https://doi.org/10.31539/costing.v8i2.14297
Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan Aksesibilitas Pendidikan Dalam Perpsektif Pendidikan Multikultural. Foundasia, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444
Arifin, F., Marini, A., & Ms, Z. (2024). Enhancing Educational Governance: A Literature Review on Policy Management in Elementary Schools in Indonesia. Madrasah Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 16(2), 107–120. https://doi.org/10.18860/mad.v16i2.21197
Aristiyanto, R. (2023). Sejarah pertumbuhan dan perkembangan madrasah di Indonesia pada era modern. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 101–108.
Audria, A., & Qamariah, Z. (2023). Evaluation of English Language Policy in the Education System in Indonesia. Pustaka Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(4), 211–223. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i4.729
Darma, R. (2024). EFEKTIVITAS MANAJEMEN PUBLIK DALAM MENGATASI KESENJANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15429–15436.
Chen, X. D., & Selvaratnam, D. P. (2023). The Relationship Between Family Education Expenditure and Education Equalization. International Journal of Social Science and Human Research, 06(07). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i7-25
Damayanti, D. (2023). Bagaimana Sistem Pendidikan Di Indonesia Dan Berbagai Problematika Nya. https://doi.org/10.31237/osf.io/jtrxy
Daniati, D., Susanti, R., Safitri, E. R., & Gulo, F. (2024). Analisis Aspek Pembelajaran Di Singapura Serta Perbandingannya Di Indonesia. Learning Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1036–1043. https://doi.org/10.51878/learning.v4i4.3483
Elvira, M., Kartowagiran, B., Retnawati, H., Sainuddin, S., & Rohaeti, E. (2023). Bias Geographic Location of Math National Examination in Junior High School: Analysis of Differential Item Functioning (DIF). Ingénierie Des Systèmes D Information, 28(2), 375–387. https://doi.org/10.18280/isi.28021
Fadhil, I., & Sabic‐El‐Rayess, A. (2021). Providing Equity of Access to Higher Education in Indonesia: A Policy Evaluation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (Ijolae), 57–75. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10376
Falah, A. I., & Hadna, A. H. (2022). Problematika pendidikan masa pandemi di Indonesia pada daerah 3-T (Terluar, tertinggal, dan terdepan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 164–185.
Farkhan, M. R., & Maryani, E. (2023). Dari Keberagaman Entitas Menjadi Ketimpangan Multisektor Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(3), 593–604. https://doi.org/10.23887/jish.v12i3.69580
Farkhati, I. F. (2024). Social Inequality and Access to Education: Structural Analysis in Indonesia. https://doi.org/10.31235/osf.io/8cybx
Fauziyah, & Juliprijanto, W. (2022). Pengaruh Ketimpangan Pendidikan Antar Gender Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Ekonomi & Bisnis, 21(1). https://doi.org/10.32722/eb.v21i1.4571
Gaddy, J., & Gross, C. P. (2022). Addressing Racial, Ethnic, and Age Disparities in Cancer Clinical Trial Enrollment. Jama Oncology, 8(12), 1792. https://doi.org/10.1001/jamaoncol.2022.5006
Gumilang, D. G., Oktaviany, S. S., & Ashari, M. R. (2022). Dana Bos Dan Pemerataan Layanan Pendidikan Dasar. Jurnal Al Burhan, 2(2), 32–41. https://doi.org/10.58988/jab.v2i2.79
Hafis, R. I. A., Nurman, N., & Setiawan, D. (2023). Menyetarakan Pendidikan Daerah Pedesaan Kabupaten Bengkalis. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 189–194. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3388
Hamsiah, A., Angreani, A. V, Zubair, A. G. H., Rahmadhanningsih, S., Swandi, A., Rahim, A., & Rizal, A. (2024). Transforming Education in Coastal Indonesia: A Survey of Digital Literacy and Competence Among Educators. International Journal of Religion, 5(11), 4947–4955. https://doi.org/10.61707/59p9jn39
Handoko, D. O., Hatta, Z. M., Tirta, D., & Risa, F. (2022). Pengaruh Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing, Dan Return on Equity Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Tabarru Islamic Banking and Finance, 4(2), 585–593. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8672
Hasan, M., Thamrin, M. I., Rahmatullah, R., Pratama, M. A. D., & Darwis, N. W. (2021). Implementasi Pembelajaran Pada Berbagai Jenjang Pendidikan Di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 7(3), 47. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.413
Hatami, W., & Palkih, M. H. (2024). Makna Moderasi Beragama Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 103–112. https://doi.org/10.24269/jpk.v9.n2.2024.pp103-112
Husnidar, H., Khairuddin, K., & Bahrun, B. (2024). Implementation of Education Financing Management in Improving the Quality of Learning in Junior High Schools. J. Educ. Manag. Learn., 2(2), 74–80. https://doi.org/10.60084/jeml.v2i2.177
Ilmamuna, K., Mu’ammar, M. A., & Hadi, M. F. (2023). Revitalisasi Madrasah Tsanawiyah Berbasis Pesantren Sebagai Penguatan Religiusitas Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Surabaya. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(3), 279–291. https://doi.org/10.31102/alulum.10.3.2023.27
Isbah, M. F., & Sakhiyya, Z. (2023). Pesantren in Contemporary Indonesia: Negotiating Between Equity and the Market. In Education in Indonesia: Critical Perspectives on Equity and Social Justice (pp. 137–152). Springer.
Iswandi, I., Ramadhani, P., Randa, M. G., & Nofrijon, N. (2021). IMPLEMENTASI, PROSES KOMPLEKS, DAN FAKTOR-FAKTOR PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Jurnal Menata: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 30–41.
Kartika, S., Sarah, S., Simbolon, P., Ajri, M., Nursiah, N., Hakim, S. E., Nabilla, P. S., & Harahap, N. (2024). Pengaruh Kesenjangan Pendidikan Terhadap Pola Pikir Siswa SMA Dan Mahasiswa: Analisis Kuantitatif Dari Trend Tiktok Di Indonesia. Al-Wasathiyah Journal of Islamic Studies, 3(1), 60–64. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v3i2.291
Laila, N. N., Dai, S. I. S., & Canon, S. (2024). Analisis Pengaruh Pengeluaran Perkapita, Pendidikan, Dan Kesehatan Terhadap Ketimpangan Distribusi Pendapatan Di Indonesia Tahun 2010-2019. J. Stud. Ekon. Dan Pembang, 1(3). https://doi.org/10.37905/jsep.v1i3.23438
Lutfiani, D., & Yuniasih, A. F. (2021). Pengaruh Disparitas Capaian Pendidikan Terhadap Disparitas Distribusi Pendapatan Di Indonesia Tahun 2012-2019. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 662–671. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.467
Mahanani, A. O., & Sulistyorini, S. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU; Studi Tentang Penerapan Model Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Al-Rosyid Bojonegoro. Journal Evaluasi, 7(2), 165–179. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i2.1529
Khairunnisa, K., Junaidi, J., & Pratama, A. R. (2024). Problematika Lembaga Pendidikan Islam di Era Society 5.0: Perspektif Digitalisasi dan Transformasi Pendidikan. Jurnal Visi Manajemen, 10(2), 1–18.
Kusumawati, I. (2024). Integrasi kurikulum pesantren dalam kurikulum nasional pada pondok pesantren modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7.
Maharani, K. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Ketercapaian Angka Partisipasi Sekolah Di Papua (Studi Kasus Di Kabupaten Merauke). Borneo Journal of Islamic Education, 1(2), 209–228. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i2.4177
Majeed, F. S. A., Sundana, R. N. R., Ramadhan, R., & Abrar, M. (2024). Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Menuju Indonesia Emas 2045: Analisis Pandangan Akademisi. Antropocene, 4(3), 82–89. https://doi.org/10.56393/antropocene.v4i3.2451
Maraliza, H. (2024). The Effect of Islamic Financial Socialization and Education on Public Interest in Using Islamic Banking Services. Nj, 1(8), 113–124. https://doi.org/10.62872/dgtfr826
Mujiburrohman, M., & Putri, D. A. (2024). The Impact of Social Inequality on Educational Quality in Indonesia: Challenges and Policy Recommendations. Sujiem, 3(01), 43–56. https://doi.org/10.61455/sujiem.v3i01.248
Munandar, A. (2024). The Politics of Education in Indonesia in the Struggle of Populist Promises and Budget Reality. Journal of Education and Learning Sciences, 4(2), 63–73. https://doi.org/10.56404/jels.v4i2.106
Mustika, M. D. S., Remi, S. S., Fahmi, M., & Setiawan, M. (2022). Analysis of Educational Migration Decision in Indonesia. Journal of Educational and Social Research, 12(6), 226. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0158
Nazidah, M. D. P. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043–2051.
Ni’am, S., & Arafah, N. N. (2024). Transformasi Sistem Pendidikan Formal Pesantren. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 69–84.
Putri, A. G., & Judijanto, L. (2023). Influence of Gender, Finance, and Social Change: Study of MSME Entrepreneurship Diversification on the Island of Java. International Journal of Business Law and Education, 5(1), 44–57. https://doi.org/10.56442/ijble.v5i1.360
Putri, M., & Yuniasih, A. F. (2022). Determinan Akses Sumber Air Minum Layak Di Provinsi Bengkulu Tahun 2021. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 155–164. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1239
Pusvitasari, L., Rahmatullah, A., Hoer, U. H., Hasny, A. S., & Al-Haedari, M. R. (2024). Analisis Proses Administrasi Pendidikan Di Indonesia: Mengidentifikasi Distorsi Dan Implikasinya. Kaipi, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.47
Rahmawati, R., Khair, U., Rahman, M., Aswan, A., Ardilah, F., Anisa, N., & Mihrani, M. (2024). Perkembangan Pondok Pesantren: Warisan Dan Transformasi Pendidikan Islam. Sentri Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 380–386. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2188
Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3622
Risdiyanti, A., Paramu, H., & Sunarto, S. (2024). Health Financing Analysis of Minimum Service Standards in the Health Sector. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 12(1), 62–73. https://doi.org/10.20473/jaki.v12i1.2024.62-73
Pratama, S. D., Siddique, A. A., & Wicaksono, B. R. (2022). Impact of Madrasah on Quality of Education in Indonesia. Available at SSRN 4476535.
Putri, N., & Ristianti, D. H. (2024). Distribusi Akses Pendidikan Sistem Informasi Manajemen Di Lembaga Pendidikan Islam. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 13(02), 236–251.
Rustandi, F., & Syafei, I. (2025). Strategi Kepemimpinan Transformasional Berbasis Nilai Islam dalam Mencapai Keunggulan Lembaga Pendidikan Islam. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) e-ISSN 2721-9666, 6(1), 142–154.
Saprianto, R., Simbolon, T. R., & Hukom, A. (2023). Implikasi Otonomi Daerah Pada Pembangunan Sektor Pendidikan dan Kesehatan di Indonesia. JEPP: Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Pariwisata, 3(2), 68–84.
Sholeh, M., Komalasari, K., & Wiyanarti, E. (2025). Pesantren as Best Practice for Sustainable Education to Addressing Global Challenges. International Joint Conference on Arts and Humanities 2024 (IJCAH 2024), 600–610.
Sari, F. (2024). Challenges and Opportunities to Well Education. Tofedu, 3(3), 787–792. https://doi.org/10.61445/tofedu.v3i3.165
Sihombing, R. (2023). Pemerataan Pendidikan: Studi Kasus 34 Provinsi Di Indonesia. Pedr, 1(2), 143–151. https://doi.org/10.26593/pedr.v1i2.6670
Siminto, S., Mayasari, N., & Ulya, M. (2024). Hubungan Antara Kebijakan Evaluasi Kinerja Guru Dan Pemenuhan Kebutuhan Siswa Dengan Kualitas Layanan Pendidikan Dan Kepuasan Stakeholder Di Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(04), 513–526. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i04.1135
Siska, F., & Rudagi, R. (2021). Analisis Ketimpangan Pendidikan Pada Masa Covid-19 Di Nagari Sisawah Kabupaten Sijunjung. Al Ma Arief Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2032
Sofanudin, A. (2021). Policy Paper Jalur Peningkatan Mutu Madrasah Di Jawa Tengah: Problem Dan Solusi. https://doi.org/10.31219/osf.io/mpefw
Sulasari, A., Tahiry, D. K., & Wijaya, I. D. (2023). Assessing the Impact of Online Training Platforms on Continuing Education in Science and Technology Fields. Jtest, 19–24. https://doi.org/10.51629/jtest.v1i1.171
Syahputra, D. D., Bangun, M. B., & Handayani, S. M. (2023). Budaya Patriarki Dan Ketidaksetaraan Gender Dalam Pendidikan Di Desa Bontoraja, Kabupaten Bulukumba. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 608–616. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4028
Tanniru, M., Agarwal, N., Sokan, A., & Hariri, S. (2021). An Agile Digital Platform to Support Population Health—A Case Study of a Digital Platform to Support Patients With Delirium Using IoT, NLP, and AI. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(11), 5686. https://doi.org/10.3390/ijerph18115686
Ulfa, M. (2023). Potret Kondisi Sekolah Daerah Terpencil Di Dusun Bandealit Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Jupe2, 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i1.90
Ulfah, M., & Karolina, V. (2023). Ketimpangan Gender Guru Di Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar Di Indonesia. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3407–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4530
Umam, M. R., & Hamami, T. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dan Madrasah. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1–16.
Widodo, M., Febriyanto, D., & Fitriyah, L. (2022). Representasi Dunia Pesantren Dalam Kumpulan Cerpen Pesantren Ludah Surga. Salingka, 19(2), 175–187. https://doi.org/10.26499/salingka.v19i2.698
Zalfaa, M. (2022). Pengaruh Rasio Gini Dan PDRB Per Kapita Terhadap Ketimpangan Pendidikan Di Provinsi Jawa Barat: Analisis Data Panel. Concept Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 164–172. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.100
Zein, N. (2023). Mengurai Dasar Filosofis Pendidikan Ki Hajar Dewantara: Tinjauan Metaanalisis. Al-Abshar Journal of Islamic Education Management, 2(2), 190–207. https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i2.112
Zuhroh, I., & Malik, N. (2023). Revisiting the Role of Islamic Bank on SDGs: Sharia Financing, Inequality, and Poverty. Journal of Human Earth and Future, 4(4), 443–452. https://doi.org/10.28991/hef-2023-04-04-05