HUBUNGAN PERILAKU MENJAGA POLA MAKAN DENGAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS XI MIPA MADRASAH ALIYAH TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN
Main Article Content
Abstract
Perilaku seseorang sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuannya dalam memahami suatu kondisi untuk mencapai tujuan tertentu. Meskipun peserta didik telah menerima pembelajaran tentang sistem pencernaan dalam mata pelajaran Biologi, hal ini belum sepenuhnya tercermin dalam perilaku makan yang sehat. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas XI IPA MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan, ditemukan bahwa meski siswa telah memahami materi sistem pencernaan, banyak dari mereka yang belum menerapkan kebiasaan makan yang baik, yang berdampak pada gangguan kesehatan seperti nyeri lambung. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa keterkaitan pada pemahaman terhadap sistem pencernaan dengan kebiasaan makan sehat siswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional non-eksperimental, penelitian ini melibatkan 87 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket dianalisis mengacu pada teknik korelasi Pearson Product Moment. Terhadap hasil analisa yang dilakukan, didapati bahwa pemahaman siswa berada pada tingkat sedang (66%, rata-rata skor 56,8), dan perilaku makan sehat tergolong tinggi (70%, rata-rata skor 64,19). Namun, hasil korelasi menunjukkan tidak adanya keterkaitan berarti antara kedua variabel tersebut (r = 0,199; p = 0,639).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ambia Nurdin, Dian Rahayu, Khairuman Khairuman, dan Raudatul Aina, Korelasi Variasi Jenis Makanan dan Lingkungan dengan Pola Makan Anak Usia Sekolah, Public Health Journal, Vol. 1 (1), (2024). DOI: https://doi.org/10.62710/580rtp33.
Dila Yulianti, Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan pada Remaja di SMA Negeri 1 Padang, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 6 (2), (2012).
Fitriani, Konsep Makanan Halalan Thayyiban dalam QS. Al-Baqarah: 168, Jurnal Nihaiyyat, Vol. 1 (1), April 2022.
Handayani, Dian Sofia Rahma. Perbedaan Frekuensi Konsumsi Makanan Cepat Saji dengan Kejadian Obesitas pada Remaja. (Skripsi: STIKes Hang Tuah Surabaya, 2024).
Imam Gunawan dan Anggarini Retno Palupi, Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian, Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 2 (2), 2016. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50.
Lina Nur Amalina dan Rosita Fitrah Dewi, Korelasi Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XI IPA SMA pada Materi Sistem Pencernaan terhadap Perilaku Pemilihan Makanan, Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, Vol. 1 (2) 2020.
Mustathi’atun Niswah, Hubungan antara Pola Makan Sehari–hari dan Gaya Hidup Sehat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang, (Skripsi: Universitas Islam Negeri Walisongo, 2016).
Sutarto, R., Harimukti, A., Harianto, R., & Indrawati. (2017). Buku Ajar Sistem Pencernaan Makanan Berbasis Gambar Proses. Universitas Jember.
Tresnaasih, I. (2020), Sistem Pencernaan Pada Manusia, Modul Biologi SMAN 3 Kuningan, Jakarta.
Turney, Shaun. Pearson Correlation Coefficient (r): Guide & Examples, Scribbr, 2022. https://www.statstutor.ac.uk/resources/uploaded/spearmans.pdf?utm, Diakses pada 20 April 2025.
Widawati, Gambaran Kebiasaan Makan dan Status Gizi Remaja di SMAN 1 Kampar Tahun 2017, Jurnal Gizi: Nutritions Journal, Vol. 3 (2), (2019).