PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V PADA MATERI CAHAYA DAN BUNYI DI SDN 6 KAYUMALUE NGAPA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa Kelas V pada materi Cahaya dan Bunyi di SDN 6 Kayumalue Ngapa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 6 Kayumalue Ngapa yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan tujuh indikator pemahaman konsep, ditemukan bahwa belum ada siswa yang memahami konsep pada materi cahaya dan bunyi. Presentase siswa yang mampu menyatakan ulang konsep dalam menyelesaikan soal hanya mencapai 16,16%, yang tergolong dalam kategori tidak memahami konsep. Kemampuan siswa dalam mengklasifikasikan objek sesuai dengan sifat atau konsepnya juga masih rendah, hanya sebesar 10,17%, dan termasuk dalam kategori tidak memahami konsep. Selain itu, persentase siswa yang mampu memberikan contoh dan non-contoh dari suatu konsep mencapai 22,55%, termasuk kategori miskonsepsi. Kemampuan dalam menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi juga masih sangat terbatas, dengan persentase 9,34%, yang menunjukkan bahwa siswa tidak memahami konsep. Sementara itu, persentase siswa yang dapat menggunakan, memanfaatkan, serta memilih prosedur atau operasi tertentu hanya 10,29%, dengan kategori tidak memahami konsep. Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau menyelesaikan masalah mencapai 22,86%, tergolong miskonsepsi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ariyadi, D. H., Ismi R., Kurnia D. K.,& Wahyu K. (2024). Analisis Pemahaman Materi Bunyi dan Cahaya di Sekolah Dasar. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(12): 541-547. https://doi.org/10.5281/zenodo
Case, J. M., & Fraser, D. M. (2002). The Challenges of Promoting and Assessing for Conceptual Understanding in Chemical Engineering. Chemical Engineering Education. 3(1): 42-47.
Fatimah, S. 2017. Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1(1) : 57-70
Kulsoom, B., & Karim, N. (2022). Sound: Production, perception, hearing loss and treatment options. Jurnal Asosiasi Medis Pakistan. 72(4): 725-732. https://doi.org/10.47391/JPMA.4051.
Muflihah, M., Supardi, K. I., & Sumarni, W. (2020). Concept Understanding Analysis of Coloid Materials After Application of Joyful Learning Problem Based Learning. Journal of Innovative Science Education. 9(3): 306-313. https://doi.org/10.15294/JISE.V9I1.36713
Nugrahaningsih, T. K., Almasitoh, U. H., Darmo, M. P., & Riyadi, I. (2021). The Application of Thematic-Scientific Learning In Elementary Schools By Distance Learning To Build Higher Order Thinking Skills. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012078
Putri, F. Y., & Ilmi, D. (2023). Implementation of holistic learning strategies. El-Rusyd : Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi. 8(1): 63-70. https://doi.org/10.58485/elrusyd.v8i1.140
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6(1): 119-124. https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V6I1.388
Reynolds, G., & Stair, R. (2020). Principles of Information Systems.
Yusnaldi, E., Sitanggang, R. P., & Ikhtiati, I. (2022). Learning Interconnection IPS In Elementary School With Modern Century Character Education. Edumaspul : Jurnal Pendidikan. 6(2): 2262-2269. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4572