KREATIVITAS DOSEN TERHADAP MINAT BELAJAR  MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA UMUM

Main Article Content

dedes asriani siregar Mutiara M.Pd.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1)  bentuk kreativitas dosen,  (2) keadaan minat belajar mahasiswa, (3)  pengaruh kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Vokasional Informatika Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.


 


Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian Lapangan) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Adapun sumber data dari mahasiswa jurusan Pendidikan Vokasional Informatika Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dengan cara penyebaran angket untuk mengetahui pengaruh kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa.


 


Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya (1) bentuk kreativitas dosen adalah berbagai macam kreativitas telah dilakukan ketika mengajar dengan memberikan alat peraga yang sesungguhnya, biasanya melalukan praktikum di laboratorium dengan rata-rata persentase indikator 91%, (2) minat belajar sangatlah tinggi. Apalagi dengan guru selalu menggunakan media yang menarik (power point) dengan menunjukkan langsung aplikasi kegiatan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa memiliki rasa tertarik dan penasaran karena tanpa sengaja semua kegiatan yang dilakukan sehari-hari berhubungan dengan materi fisika dengan rata-rata persentase indikator 90% (3) pengaruh kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa dari hasil perhitungan bahwa thitung = 6,046 jika dibandingkan dengan ttabel = 1,29743 karena thitung > ttabel berarti regresi antara variabel kreativitas dosen terhadap minat belajar mahasiswa adalah signifikan positif.


 

Article Details

How to Cite
[1]
dedes siregar and M. M.Pd., “KREATIVITAS DOSEN TERHADAP MINAT BELAJAR  MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA UMUM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 57, Oct. 2018.
Section
Artikel