PENGARUH SNOWBALL THROWING BERBASIS CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA KURIKULUM MERDEKA DI SMA N 2 PADANGSIDIMPUAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Snowball Throwing Berbasis Crossword Puzzle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem dan Interaksinya Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen. Populasi adalah seluruh kelas X SMA N 2 Padangsidimpuan, sampel yang diteliti adalah kelas X.1 berjumlah 36 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil observasi penggunaan snowball throwing berbasis crossword puzzle, angket motivasi belajar siswa dan hasil uji t test. Hasil penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis Crossword Puzzle pada materi komponen ekosistem dan interaksinya diperoleh nilai rata-rata sebesar 95,14 berada pada kategori Baik Sekali. Motivasi belajar siswa pada materi komponen ekosistem dan interaksinya kelas X.1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan dalam penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis Crossword Puzzle diperoleh nilai rata-rata 82,63 berada pada kategori Sangat Tinggi’. Uji t test diperoleh Nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,693 > 2,030 artinya hipotesis alternatif yang dirumuskan pada penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Artinya Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Model Pembelajaran Snowball Throwing berbasis Crossword Puzzle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Komponen Ekosistem dan Interaksinya Di Kelas X.1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah. 2012. Konsep Strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi.. Bandung: PT. Refika aditama.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri. H. 2020. Penggaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Spelling Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IX Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi. Skripsi Universitas Jambi. Jambi.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah, B. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.