UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU PERUNDUNGAN MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO

Main Article Content

Niken Septantiningtyas Nabilah Hayyu Palupi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya pencegahan perilaku perundungan melalui penanaman nilai-nilai pendidikan akhlakul karimah di SMP Nurul Jadid. Fokus penelitian adalah untuk mengeksplorasi bagaimana program serta metode pembelajaran yang diterapkan oleh pengurus BK dan guru dapat berperan dalam mencegah perilaku perundungan di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan koordinator BK, kepala sekolah, wali asuh, dan beberapa peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlakul karimah melalui berbagai program seperti spirit morning, motivasi setelah sholat, dan pembiasaan karakter baik dapat mengurangi perilaku perundungan. Selain itu, metode seperti diskusi, role playing, ceramah, dan pembacaan literasi memberikan dampak positif dalam menciptakan suasana yang lebih harmonis. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlakul karimah, yang menggabungkan pendekatan agama dan budaya pesantren, memberikan dampak yang signifikan dalam pembentukan karakter siswa serta pengurangan perilaku perundungan. Penelitian ini dapat menjadi dasar untuk kebijakan pengembangan pendidikan karakter di sekolah-sekolah berbasis pesantren.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Septantiningtyas and N. Palupi, “UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU PERUNDUNGAN MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 431-440, May 2025.
Section
Artikel

References

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis Untuk Analisis Data Kualitatif Dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ahyar, M. K., Saputri, S. Z., Khoirunnisa, S., & Murdiana, V. (2024). Analisis Peran Emosi Dalam Kasus Pembullyan: Tinjauan Melalui Studi Pustaka. Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(1), 19–27.
Amalia, R. R., Oktaviani, F. S., & Andayani, S. R. D. (2024). Pengaruh Pendidikan Karakter Anti-Bullying Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Di SMP Khoiriyah Sumobito: The Effect Of Anti Bullying Character Education On Mental Health Of Students At SMP Khoiriyah Sumobito. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 10(2), 415–420.
Aprilianto, A., & Fatikh, A. (2024). Implikasi Teori Operant Conditioning Terhadap Perundungan Di Sekolah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 77–88.
Dimas Maulidani Alviansyah Putra, D. M. A. P. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas X Di SMA N 1 Mranggen Tahun Pelajaran 2023/2024. UNDARIS.
Ekawati, M. K. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Penyimpangan Moral Siswa Di SMAN 1 Sukomoro Kabupaten Magetan. IAIN Ponorogo.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Fajri, B., & Biantoro, O. F. (2023). Nilai-Nilai Sholawat Wahidiyah Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Dan Akhlakul Karimah. Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 72–92.
Hafid, R. B. M. R. R., Hazarina, R., Anwar, N., & Haikal, M. (2024). Implementasi Norma Kesusilaan Dan Keadilan Terhadap Tindakan Bullying. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Hasanpour-Dehkordi, A. (2021). Comparison Of Context-Based Learning And Traditional Method In Cognitive And Psychomotor Domains And Critical Thinking Of Undergraduate Nursing Students. Epidemiological Review/Przegląd Epidemiologiczny, 75(3).
Jaenal, A. (2023). Implementasi Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Alam Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Jayanti, R. A. D. (2023). Pendidikan Akhlak Melalui Program Sekolah Ramah Anak Di MIN 2 Mojokerto. Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 2(3), 307–319.
Jondra, J., Fakhruddin, F., & Bin Ridwan, R. (2022). Pola Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Untuk Menghadapi Tantangan Era Society 5.0. IAIN Curup.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Kurniawanto, E. (2025). Transformasi Pendidikan Islam Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar: Kajian Berbasis Library Research: Pendidikan Pembiasaan. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(2), 16–34.
Luciana, L. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Madrasah Ibtidiyah Swasta Madinatussalam, Nurul Fadhilah Dan Hidayatussalam Di Kecamatan Percut Sei Tuan. UINSU Medan.
Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024). Literature Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Untuk Sekolah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 826–834.
Nurlindasari, S. W., & Huda, S. A. A. (2023). Substansi Kurikulum Merdeka Penyangga Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII MTsN 3 Jombang. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 115–136.
Owan, V. J., Ekpenyong, J. A., Chuktu, O., Asuquo, M. E., Ogar, J. O., Owan, M. V., & Okon, S. (2022). Innate Ability, Health, Motivation, And Social Capital As Predictors Of Students’ Cognitive, Affective And Psychomotor Learning Outcomes In Secondary Schools. Frontiers In Psychology, 13, 1024017.
Putri, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas V Di MIS Bidayatul Hidayah Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rafiola, R. H., Isriyah, M., Hastiani, H., & Sendayu, F. S. (2023). Modul Bimbingan Konseling Anti Squad Untuk Menegaskan Sikap Anti Kekerasan Seksual Dan Keseteraan Gender Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).
Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–16.
Sari, D. P., & Pahrurroji, P. (2024). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah. An-Nuha, 4(1), 88–96. https://doi.org/10.24036/annuha.v4i1.452
Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami Dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Berdaya Saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66–77.
Syahfitra, Y., Aripin, S., & Kandedes, I. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Masalah Bullying. Rayah Al-Islam, 7(3), 1514–1529.
Syaifin, R. A. (2022). Peranan Guru Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Aliyah DDI At-Taufiq Padaelo Kabupaten Barru. Jurnal Al-Qayyimah, 5(1), 67–79.
Wardana, A., & Nurfuadi, N. (2023). Pembentukan Kreativitas Peserta Didik Menggunakan Metode Bermain Peran Di SD Alam Perwira Purbalingga. Journal on Education, 6(1), 1614–1627.
Winata, K. A., & Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32.