INTERNALISASI PRINSIP ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DI MA NURUL YAQIN

Main Article Content

Niken Septantiningtyas Wilda Rizkina Maulidia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi prinsip-prinsip Islam dalam membentuk dan meningkatkan akhlakul karimah di MA Nurul Yaqin. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan keagamaan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi prinsip Islam di MA Nurul Yaqin dilakukan melalui tiga tahapan: pembiasaan, keteladanan, dan pemberian pemahaman secara konseptual melalui pembelajaran formal dan kegiatan ekstrakurikuler. Faktor pendukungnya meliputi komitmen kuat dari tenaga pendidik, lingkungan religius, dan keterlibatan aktif orang tua. Adapun hambatan yang dihadapi adalah pengaruh media sosial dan kurangnya dukungan sebagian kecil lingkungan keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa internalisasi prinsip Islam yang konsisten dan terintegrasi mampu meningkatkan akhlakul karimah siswa secara signifikan di MA Nurul Yaqin.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Septantiningtyas and W. Maulidia, “INTERNALISASI PRINSIP ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DI MA NURUL YAQIN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 441-444, May 2025.
Section
Artikel

References

Arsyad, M., Marwazi, M., & Musli, M. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyempurnakan Akhlakul Karimah Siswa. Journal of Educational Research, 2(1), 43–60. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.193
Isnaini, M. (2013). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di Madrasah. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445–450. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41
Mulyana, D., Sukandar, A., & Setiawan, M. (2022). Stategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA IT Mekarjaya Garut. Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(02), 49–54. https://doi.org/10.57096/edunity.v1i02.8
Ponorogo, K. (2024). Internalisasi Karakter Disiplin melalui Program Tahfi ḍ Al- Qur ’ an di Madrasah Aliyah Mambaul Huda Desa Sendang Kec . Jambon. 2(1), 1–11.
Ritonga, T. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda. Jurnal Adam Ipts, 1(1), 1–6.
Seftiani, A. S., Fatimah, A., & Fuad, N. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Peserta didik di SD Islam Al-Mu’min. Attractive : Innovative Education Journal, 6(1). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Sofanudin, A. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sma Eks-Rsbi Di Tegal. Smart, 1(2), 151–163. https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.248
Sriyono, Slamet, Andi Warisno, Riskun Iqbal, F. F. (2022). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dan Implikasinya Bagi Sikap Toleransi Siswa. Unisan Journal: Jurnal Manejemen & Pendidikan Islam, 01(04), 94.
Uccang, M. R., Buhaerah, & Andi Aras. (2022). Tantangan dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Kontemporer dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Peserta Didik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 79–98. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i1.2729
Yusuf, M. (2023). Rebranding Madrasah dalam Membangun Citra Positif dan Modern. Journal of Education Management Research, 1(2), 65–82. https://journal.cahyaedu.com/index.php/jemr