METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DARI KONVENSIONAL KE KONTEKSTUAL (MADRASAH DAN PONDOK PESANTREN)

Main Article Content

Andre Bahrudin Muhammad Wahyudi Kasinyo Harto Amilda Amilda

Abstract

Makalah ini membahas transformasi model pendidikan Islam dari pendekatan konvensional ke kontekstual dalam konteks pendidikan di Indonesia. Dengan latar belakang tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik kedua model pendidikan, faktor-faktor pendorong transformasi, serta strategi implementasi model pendidikan kontekstual yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan konvensional cenderung berfokus pada hafalan dan kurang responsif terhadap kebutuhan masyarakat, sedangkan model kontekstual menawarkan pendekatan yang lebih integratif dan relevan. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya revitalisasi kurikulum dan pengembangan kapasitas pendidik untuk menghadapi tantangan pendidikan kontemporer.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Bahrudin, M. Wahyudi, K. Harto, and A. Amilda, “METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DARI KONVENSIONAL KE KONTEKSTUAL (MADRASAH DAN PONDOK PESANTREN)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 35-40, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Abdurrahmansyah, A. (2019). KURIKULUM DAN TRADISI BELAJAR PADA SISTEM PENDIDIKAN ISLAM ABAD KE-20: Studi Terhadap Pengajaran Ulama di Sumatera Selatan. Conciencia, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.11573
Akbar, A., & Ismail, H. (2018). METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib, dan Nordin, Mohd. “The Transformation of Islamic Education: The Role of Technology in Learning.” International Journal of Islamic Education - SciSpace Literature Review. (t.t.). Diambil 1 Mei 2025, dari https://scispace.com/search
Andika, M., & Nuha, N. U. (2024). Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran PAI dalam Membentuk Moral Remaja di MTs Ainul Yaqin. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).
Anggraini, D. (t.t.). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2018). Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395
Bahrudin, A. (2025). Jejak Al-Qur’an dalam Membentuk Kekpribadian Muslim: Hikmah Surat AL-Muzammil. Feniks Muda Sejahtera. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=lmREEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:H5iZsPHveB8J:scholar.google.com&ots=PLn8K3HQHn&sig=4t6_3P35JC5Dd3r2HMMKhkv9Vj4
Bahrudin, A., Idi, A., Karoma, K., Hidayatullah, H., & Afryansyah, A. (2024). Tantangan Pembelajaran pada Pesantren di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2458–2462.
Butar-Butar, N., Nurmawati, N., & Ananda, R. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam (PAI) berbasis kontekstual untuk meningkatkan capaian hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 792. https://doi.org/10.29210/1202323179
Daulay, N. (2024). Pengaruh Pembelajaran Konvensional Pada Materi Shalat Jama’ dan Qosar. 2(2).
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Giantara, F., & Amiliya, R. (t.t.). Integrasi Pembelajaran Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Jafar, A. F. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). PENTINGNYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Lutfiyani, S., Sinuraya, P. Y., Anggraini, R. W., Enov, A., & Ulailiah, S. (2023). Penerapan Teknologi dalam Peningkatan Motivasi dan Keterlibatan Siswa Kelas VI SDN Barengkok 1. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(2), 227–234. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i2.12546
Mardiah, S., Alim, J. A., & Putra, Z. H. (2024). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SDN 39 Mandau. 8.
Mulyanti, D., & Fasya, R. (t.t.). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.
Munawwir, A. (2022). Problematika Penerapan Model Kontekstual Teaching and Learning (Ctl) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X Ma Darunnaiem Pesse, Soppeng. 10(4).
Prilianto, F., Ariska, M., & Sukmara, G. F. (2024). Kecerdasan Emosional Sebagai Katalisator Peningkatan Prestasi Akademik dan Kecakapan Sosial di Era Digital. 001.
Risdianti, D. A. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Expositori/ Model Pembelajaran Yang Berpusat Pada Guru/ Model Pembelajaran Konvensional Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. OSF. https://doi.org/10.31219/osf.io/2u5v4
Rusiani, I., & Jannah, R. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. 3(2).
Sahlan, A. (2011). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. El-Hikmah, 0, Article 0. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/2241
Skill yang Dibutuhkan Menurut World Economic Forum (WEF) di 2024. (t.t.). Diambil 1 Mei 2025, dari https://www.unitomo.ac.id/berita/singleskill-yang-dibutuhkan-menurut-world-economic-forum-wef-di-2024
Suheti, S., Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., Muadifah, M., & Pahliana, S. (2024). Strategi Mengatasi Resistensi Terhadap Perubahan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Terhadap Praktik Manajemen. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(1), 178–186. https://doi.org/10.55642/taveij.v4i1.641
Virskya, A. F., Fazira, N. H., Putri, K., & Muhtarom, T. (2025). Menciptakan Generasi Peduli Lingkungan Melalui Pendidikan di Sekolah Alam Dengan Metode Experiential Learning (Belajar melalui Pengalaman) Di SD IT Alam Nurul Islam.
Wormald, B. (2015, April 2). The Future of World Religions: Population Growth Projections, 2010-2050. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/religion/2015/04/02/religious-projections-2010-2050/.