EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATANOPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Main Article Content

Nurhidaya Fithriyah Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Open Endedterhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Biologi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2018di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester IIIInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan. Sampel yang diambildalam penelitian ini berjumlah 20mahasiswa. Sampel penelitian ini diambilatau ditentukan dengan teknik Total Sampling, yaitu penarikan sampel dengan mengambil seluruh jumlah populasi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan One Shoot Case Study.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay.Indikator keberhasilan berupa penelitian meliputi: nilai rata-rata hasil belajar, ketuntasan belajar, dan ketuntasan pencapaian indikator.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Open Endedadalah 81,65 (kategori baik) dengan simpangan baku 6,72.Ketuntasan belajar mahasiswa secara individu yang diajar menggunakan Pendekatan Open Endedadalah 18(90%) mahasiswa yang tuntas dan 2(10%) mahasiswa yang tidak tuntas,  sedangkan ketuntasansecara klasikal adalah 88%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penggunaan Pendekatan Open Endedterhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Biologi di Institut Pendidikan Tapanuli Selatansangat efektif

Article Details

How to Cite
[1]
N. Nasution, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATANOPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 83, Nov. 2018.
Section
Artikel