INOVASI MEDIA G-SITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 8 DI SMP AINUL YAQIN
Main Article Content
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran memegang peranan krusial dalam menunjang efektivitas proses belajar mengajar. Oleh karena itu, pengembangan inovatif terhadap media pembelajaran menjadi suatu kebutuhan guna melengkapi ketersediaan sarana pembelajaran yang ada. Meskipun banyak sekolah telah memiliki akses terhadap teknologi digital, penerapan inovasi media pembelajaran belum sepenuhnya optimal. Salah satu contohnya adalah SMP Ainul Yaqin yang telah memanfaatkan perangkat Chromebook laptop dengan sistem operasi Chrome OS yang terintegrasi dengan Content Delivery Management (CDM). Melalui kemajuan ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memahami dan menganalisis informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Site serta mengevaluasi keterkaitannya dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS, khususnya materi sejarah kolonialisme. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil dari penelitian ini berupa sebuah inovasi media digital yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran IPS di SMP Ainul Yaqin, yang diharapkan memberikan kemudahan dan inovasi digital di SMP Ainul Yaqin.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273
Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108
Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121–1126. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126
Maharani, D. A. P., Zulaihah, U. H., Romaniah, A. K., & Jaslina, N. (2024). Efektivitas Berbagai Jenis Media Pembelajaran. Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 2, 242–252. https://www.academia.edu/download/110211713/EFEKTIFITAS_BERBAGAI_JENIS_MEDIA_PEMBELAJARAN_Kelompok_5.pdf
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Muhammad Ikhsan, & Muhammad Syafiq Humaisi. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45
Nelga, I. C., Rina, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141.
Ningsih, T. F., Bahtiar, H., & Putra, Y. K. (2022). Infotek : Jurnal Informatika dan Teknologi Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Materi Klasifikasi Hewan Vertebrata Mata Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Infotek : 5(1), 30–41.
Rachma, A., Tuti Iriani, & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554
Ragil Kurniawan, M. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4319
Rawe, T. (2021). Penerapan Model Addie Dan Self-Directed Learning Pada Program English Study At Home Berbasis E-Learning Di Eye Level Citra Gran Cibubur. Instruksional, 3(2), 164–172.
Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234.
Rosnaningsih, A., Ardelia, E., & Anggestin, T. (2021). Pengembangan E-LKS Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Model ADDIE di Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 4 Kota Tangerang. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, 5(3), 44–53. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1470/1194
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Shofroul Lailiyah, Nur Kuswanti, & Lina Arifah Fitriyah. (2021). MONOPOLI IPA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP/MTs KELAS VII PADA MATERI TATA SURYA. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 779–786. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1461
Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Susanti, Affrida, Z., & Fahyuni, E. F. (2020). Jenis Jenis Media Dalam Pembelajaran. Umsida, 1(1), 1–17.
Susilo, A. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649
Wahyuni, T., Darsinah, D., & Wafroturrahmah, W. (2023). Inovasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka dimensi Kreatif. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 79–86. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i1.6652
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yuliarni, N., Adawiyah, R., & Purwoningsih, T. (2025). Pengaruh Penggunaan Google Documents pada Chromebook terhadap Dimensi Bernalar Kritis dan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar. 15.