EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN

Main Article Content

Andik Satriya Provandiana Amrozi Khamidi Kaniati Amalia Mocahamad Nursalim

Abstract

Penelitian ini membahas kompetensi profesional guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran serta peran kepala sekolah melalui supervisi akademik model klinis. Guru kerap menghadapi kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Oleh karena itu, kepala sekolah berperan penting dalam membantu guru mengatasi permasalahan tersebut melalui supervisi akademik yang terintegrasi dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG). Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis pelaksanaan supervisi akademik model klinis terhadap kompetensi profesional guru di SMK Negeri 1 Duduksampeyan, (2) menganalisis pengaruh supervisi tersebut terhadap peningkatan kompetensi profesional guru, dan (3) mengetahui evaluasi sebagai tindak lanjut hasil supervisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik model klinis berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi profesional guru melalui berbagai kegiatan seperti workshop, IHT, webinar, dan pembinaan terjadwal dalam RKKS. Evaluasi sebagai tindak lanjut juga berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, komitmen, integritas, motivasi, serta tanggung jawab guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
A. S. Provandiana, A. Khamidi, K. Amalia, and M. Nursalim, “EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 514-521, May 2025.
Section
Artikel

References

Alamdhani, C. D. A. A. C., & Hariyati, N. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesionalisme
Arikuntoro, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.
Glicman, C. D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J. M. 2013. The Basic Guide to Supervission and Instructional Leadership (3rd ed.) diakses dari https://doi.org/10.1108/09678230910951084 pada tanggal 24 Desember 2024.
Hasnawati. 2020. Kompetensi Guru Dalam Persfektif Perundang-Undangan. Inspiratif pendidkan, 9 (1), 68 https://doi.org/10.24252/ip.v9il.14125 pada tanggal 24 Desember 2024.
Makawimbang, J. H. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.
Malian, Sobirin. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru, (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, UI-PRESS, 1992).
Moleong, Lexy. J. (2014). Metodologi Penilaian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurcholiq, M. 2018. Supervisi Klinis. Journal Evaluasi, 1 (1). https://doi.org/10.32478/evaluasi .vli1.62 pada tanggal 24 Desember 2024.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen ayat (1) Bab I ketentuan umum tentang guru dan dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (1).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 Bab II Dasar, Fungsi, dan Tujuan.
Robert C. Bogdan & S.J Taylor, Introduction to Qualitative Research Methods (New York: John Wiley, 1975)
Sohiron. 2015. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Kreasi Edukasi.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.