MANAJEMEN PROGRAM DOUBLE TRACK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMA SUNAN GIRI MENGANTI

Main Article Content

Tanti Suryaningrum Budi Purwoko Karwanto Karwanto Amrozi Khamidi Mochamad Nursalim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan secara komprehensif dan mendalam tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program double track di SMA Sunan Giri Gresik. Sehubungan dengan tingginya jumlah lulusan SMA yang tidak berminat melanjutkan ke perguruan tinggi dan tingkat lulusan yang terserap kerja masih rendah, serta untuk meningkatkan index pembangunan manusia, maka Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan suatu upaya dengan dibuatnya kebijakan program double track. Sistem double track merupakan sistem pembelajaran yang menggabungkan cara belajar peserta didik SMA yang diberi keterampilan tambahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pada penelitian ini dilakukan studi kasus di SMA Sunan Giri Menganti. Teknik analisis data dalam penelitian ini  dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data adalah proses dimana peneliti melakukan penguraian data yang telah diperoleh selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan data tentang proses manajemen program double track yang telah dilaksanakan di SMA Sunan Giri Menganti sudah berjalan dengan sangat baik, mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai tahap pengawasan dan evaluasinya.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Suryaningrum, B. Purwoko, K. Karwanto, A. Khamidi, and M. Nursalim, “MANAJEMEN PROGRAM DOUBLE TRACK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMA SUNAN GIRI MENGANTI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 522-530, May 2025.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik, ‘Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2024’, Badan Pusat Statistik, 11.84 (2024), pp. 1–28.
Baslini, B. (2022). Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Manajemen Pendidikan. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(2), 109-115
Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat, 249.
Dinas Pendidikan Jawa Timur. (2018). Program SMA / MA Double Track.
Dodi, L. (2018). Nilai Spiritualitas Sayyed Hossein Nasr dalam Manajemen Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 71-90
Faizin Muflich, M. (2019). Pengaruh Keterlibatan Siswa dalam Budaya Sekolah dan Ekstrakurikuler terhadap Kompetensi Lulusan di SMA Negeri Lamongan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Fattah, N. (2009). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Hashimov, E. (2015). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchers: Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2013. 303 pp. Taylor & Francis. Https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/11/05/2373/keadaan-ketenagakerjaan.html, diakses pada 2 Januari 2024.
Ismail, J. K., Hari Nugroho, S. E., MM, M. S. E.,Intan Hesti Indriana, M. M., Hendrayady, A., Sos, S., Sarjana, S., Melan Susanty Purnamasari, S. E., MM, C. M. A., & Nur Syamsiyah, S. T. (2002). Pengantar Manajemen. Media Sains Indonesia.
Kemdikbud Republik Indonesia, ‘Profil SMA: SMA Dari Masa Ke Masa’,Https://Repositori.Kemdikbud.Go.Id/18468/1/SMA%20dari%20Masa%20ke%20Masa.Pdf, 2017, p. 2.
Kemendikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemendikbud.go.id.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian Cet. 9. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Dalam Solo: Cakra Books (Vol. 1, Nomor 1).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1 – 16. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022.
Putra, Ilham Paratama. (2024) APK Pendidikan Tinggi Miris, Hampir 70% Siswa SMA Tak Lanjut Kuliah, Jurnal Pendidikan Medcom.Id., diakses melalui https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GbmP0BLN-apk-pendidikan-tinggi-miris-hampir-70-siswa-sma-tak-lanjut-kuliah pada tanggal 3 Januari 2025.
Rama, Alzet, dkk. (2022). Konsep Fungsi dan Prinsip Manajemen Pendidikan. Vol. 8, No. 2, 2022, pp. 130-136. DOI: https://doi.org/10.29210/1202222519
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sadikin, A., Misra, I., & Hudin, M. S. (2020). Pengantar Manajemen dan Bisnis. K-Media.
Siswanto, B. (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
SMAN 1, Di Ponorogo, Jenangan, ‘206200016_Arina Luthfia Mahiroh_Mpi’, 2024
Statistik, Badan Pusat, ‘Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2022’, Badan Pusat Statistik, 11.84 (2022), pp. 1–28
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan Penelitian Pendidikan). Dalam Metode Penelitian Pendidikan (Vol.67).
Sukemi, dkk, SMA Double Track (Sidoarjo: PT. Pandar Asa Komunika, 2019)
Sule, E. T., & Saeful, K. (2019). Pengantar Manajemen. Prenada Media.
Umi Wahyuningsih Muhadi, et al, Sekolah Menengah Atas Dari Masa Ke Masa (Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, 2017), 3.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (1)
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2023 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.
Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar- Dasar Manajemen: Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien.
Wijayanto, D., & Spi, M. M. (2013). Pengantar Manajemen. Gramedia Pustaka Utama.