PERAN KEPALA SEKOLAH MEMBANGUN KINERJA GURU MELALUI BUDAYA KERJA POSITIF DI SMAN 1 MENGANTI

Main Article Content

Verga Ayu Anggraini Suryanti Suryanti Ima Widiyanah Amrozi Khamidi Mochamad Nursalim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam manajemen budaya kerja positif yang mampu membangun kinerja guru di SMAN 1 Menganti; 2) hambatan kepala sekolah dalam membangun kinerja guru melalui budaya kerja positif di SMAN 1 Menganti. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berasal dari kepala sekolah, pengawas sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan. Analisis data dilakukan dengan analisis data tunggal yaitu dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kepala sekolah sebagai pemimpin memegang peran sentral dalam membentuk budaya kerja positif mulai dari disiplin, keterbukaan, saling menghargai, dan kerja sama, sehingga guru merasa nyaman, dihargai dan diapresiasi yang pada akhirnya berdampak langsung terhadap peningkatan mutu kinerja guru dan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah, 2) kendala atau hambatan ada pada jam kerja yang padat sehingga membuat para pegawai tidak bisa mengikuti beberapa kegiatan-kegiatan kebersamaan yang memang dijadwalkan ketika tidak ada jam mengajar seperti ketika menjenguk teman sakit, takziah, olahraga tenis bersama, dll. Dengan demikian disimpulkan bahwa peran kepala sekolah sebagai pemimpin sangat berpengaruh besar terhadap terlaksananya budaya kerja positif yang juga berdampak pada kinerja guru.

Article Details

How to Cite
[1]
V. A. Anggraini, S. Suryanti, I. Widiyanah, A. Khamidi, and M. Nursalim, “PERAN KEPALA SEKOLAH MEMBANGUN KINERJA GURU MELALUI BUDAYA KERJA POSITIF DI SMAN 1 MENGANTI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 531-535, May 2025.
Section
Artikel

References

Chen, R. (2023). Positive Work Culture Examples: How to Create a Supportive and Engaging Environment. https://bucketlistrewards.com/blog/positive-work-culture-examples/.
Firmansyah, Tiro, A., & Hartini. (2023). Peran Budaya Kerja Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kompotensi Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7, 10–18. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility.
Hafidulloh, Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). Manajemen Guru. Bintang Pustaka Madani.
Hafulyon, Putra, M. D., Shobirin, K., & Elfisra, M. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperindag Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1).
Mukaddamah, I. (2023). Peran Kepala Seolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9), 2023.
Saqofi, M. A. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MAN 1 Kota Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Silaen, N. R., Syamsuriansyah, Chairunnisah, R., Sari, M. R., Mahriani, E., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany, A., Masyruroh, A., Satriawan, D. G., Lestari, A. S., Arifudin, O., Rialmi, Z., & Putra, S. (2021). Kinerja Karyawan. Widina Bhakti Persada Bandung.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Penerbit Alfabeta Bandung.
Suparjo, Kumala, C. M., Dana, Y. A., & Sunarsih, E. S. (2024). Upaya meningkatkan Kinerja Pegawai melalui Disiplin Kerja, Budaya Kerja, Pelathan Kerja, dan Perilaku Inovatif. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 13(2), 90–104.