MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH DI SMAN 1 WRINGINANOM KABUPATEN GRESIK DAN SMA TRIMURTI KOTA SURABAYA
Main Article Content
Abstract
SMA Negeri 1 Wringinanom maupun SMA Trimurti memiliki sumber pendanaannya masing-masing dan kedua lembaga ini memiliki perbedaan dalam manajemen keuangan sekolah karena kedua sekolah ini walaupun berada di jenjang yang sama yaitu SMA tapi keduanya berbeda secara status. SMA Trimurti merupakan SMA swasta dan berada dibawah naungan yayasan sementara SMA Negeri 1 Wringinanom merupakan SMA Negeri dan berada dibawah naungan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen keuangan di sekolah dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitiannya baik SMA Negeri 1 Wringinanom maupun SMA Trimurti telah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen keuangan dengan baik mulai dari perencanaan, pengalokasian, pengendalian, pemeriksaan, dan pelaporan dan berdampak pada kualitas pendidikan masing-masing lembaga.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Barlian, U. C., Permana, R. S., & Mahmudah, R. (2022). Strategi Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Ma Yamisa Soreang. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 6(2), 117–121. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v6i2.1014
Estu Maha Nanik, Idham Lakoni, & Sintia Safrianti. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi dengan Perilaku Keuangan Sebagai Variabel Intervening pada Gen Z di Kota Bengkulu. Economic Reviews Journal, 3(3), 2409–2424. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.385
Fetesond, M., & Cakranegara, P. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemampuan Akademis, Dan Pengalaman Bekerja Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 259–274. https://caritulisan.com/media/394513-none-a7372c04.pdf
Hadi, N. (2022). Iqtisodina: Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam Teori Produksi dalam Islam. Ekonomi Syariah & Hukum Islam, 5(1), 68–76.
Handayani, M. A., Amalia, C., & Sari, T. D. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Batik di Lampung). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 647–660. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i2.2262
Irawati, R., & Kasemetan, S. L. E. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Jurnal EMA, 8(1), 32. https://doi.org/10.51213/ema.v8i1.312
Mustika, N. Y., & Victorson Taruh. (2022). Artikel 16. Cmr, 1(1), 280–297. https://doi.org/10.1515/9783110564921-019
Nabilah, N. N., Wardani, D. K., & Sabandi, M. (2024). DIMODERASI TOLERANSI RISIKO KEUANGAN. 12(2).
Nursalim, M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. In Surabaya. CV. Bayu Mandiri.
Palupi, D. E., & Hapsari, M. T. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Locusof Controlpada Perilakumanajemen Keuangan Personal (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018 – 2020 Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Prima Ekonomika, 13(1), 40–52.
Ph.D. Ummul Aiman, S. P. D. K. A. S. H. M. A. Ciq. M. J. M. P., Suryadin Hasda, M. P. Z. F., M.Kes. Masita, M. P. I. N. T. S. K., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. P. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Rosanti Situmeang, Safriadi Pohan, & Rifka Hadia Lubis. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah Taman Kanak Kanak Kalam Kudus Sibolga 2022/2023. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 180–190. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.533
Sari, A. W., Purwanto, B., & Viana, E. D. (2023). Literasi keuangan dan faktor yang memengaruhi minat pelaku umkm berinvestasi di pasar modal: analisis theory of planned behavior. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(3), 314–327. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.279
Warini, S., Hidayat, Y. N., & Ilmi, D. (2023). Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 566–576. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.181
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 48 TAHUN 2008 TENTANG PENDANAAN PENDIDIKAN
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 75 TAHUN 2016 TENTANG KOMITE SEKOLAH https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/malang/id/data-publikasi/berita-terbaru/3007-bantuan-operasional-satuan-pendidikan-bosp-%20.html https://dindik.jatimprov.go.id/pages/bpopp