PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU DI MI NURUL HUDA PULAU BATU
Main Article Content
Abstract
Kualitas suatu lembaga pendidikan sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Kepala sekolah memiliki peran penting sebagai pembina dan pengawas dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan peran kepala sekolah di MI Nurul Huda Pulau Batu, 2) mendeskripsikan profesionalitas guru, dan 3) mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari satu kepala sekolah, satu guru kelas, dan satu staf tata usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan peran sebagai pembina, motivator, dan supervisor, di antaranya dengan membimbing guru dalam penyusunan silabus dan RPP, menyusun program kerja, melakukan supervisi, serta membangun kerja sama dengan seluruh warga sekolah. Profesionalitas guru terlihat dari kemampuannya menyusun perangkat pembelajaran, menjadi teladan bagi siswa, menjalin komunikasi yang baik, serta menguasai materi ajar. Dalam meningkatkan profesionalitas guru, kepala sekolah mengaktifkan Kelompok Kerja Guru (KKG), mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan workshop, serta menerapkan sistem penghargaan dan sanksi (reward and punishment).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amri, Y., & Suwandi, S. (2023). Manajemen Strategik Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 219–230. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1254
Encu Asep. (2020). Menjadi Kepala Madrasah Profesional (Nuraini, Ed.). PT Rajagrafinfo Persada .
Kabir A. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan di SMP N 1 Banda Aceh. 1–155.
Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Pananrangi A. R. (2017). Manajemen Pendidikan Teori dan Aplikasi. Celebs Media Perkasa.
Sophia Intan, A., Wiji Astika, Y., Wismar, T., Ekonomi Syariah, H., Sakinah Dharmasraya, S., Administrasi Negara, I., Administrasi dan Kesehatan Setih Setio, I., & Administrasi Bisnis, I. (2024). CLASSROOM MANAGEMENT OF ENGLISH TEACHERS IN TEACHING ENGLISH AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL. 5(2), 722–728. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta.
Sunan Kalijaga. (2017). Manajemen Pengembangan Profesionalitas Guru. Alfabeta.
Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Raja Grafindo Persada.
Wahyudi Achmad. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–19.