FERMENTASI LIMBAH PERTANIAN DAN PERIKANAN DALAM PEMBUATAN KONSENTRAT GRANUL SAPI PENGGEMUKAN KELOMPOK TANI SEKAR DESA RUMBIO KEC. PANYABUNGAN UTARA

Main Article Content

Nabilah Siregar Riki Rinaldi Rabiyatul Adawiyah Siregar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat komposisi bahan konsentrat yang mampu mengoptimalkan konsentrat sapi agar dapat membantu para peternak sapi dalam negeri untuk membuat konsentrat yang berkualitas sehingga dapat menambah bobot sapi dengan biaya yang terjangkau. Penelitian ini di dilakukan di Kelompok Tani Sekar Desa Rumbio Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing  Natal pada bulan April 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan kandungan bahan dasar pakan ternak sapi penggemukan Tepung ikan dengan kadar air 8%, kadar abu 1,9% kadar lemak 8% dan kadar protein 16,3%. Jagung dengan kadar air 11%, kadar abu 1,8% kadar lemak 2,2% dan kadar protein 6,8%. Kedelai dengan kadar air 9%, kadar abu 1,0% kadar lemak 1,7% dan kadar protein 4,0%. Dedak dengan kadar air 13,4%, kadar abu 15,7% kadar lemak 2,9% dan kadar protein 9,6%. Kandungan air paling tinggi berada pada konsentrat jagung yaitu 11%. Kandungan kadar air yang terlalu tinggi dapat merusak konsentrat ternak hal ini ditandai dengan adanya jamur yang tumbuh. Kadar abu paling tinggi berada pada konsentrat jenis dedak yaitu 15,7% . Kadar abu berpengaruh pada daya cerna sapi dan pertumbuhan sapi. Kadar lemak paling tinggi berada pada konsentrat jenis tepung ikan yaitu 8%.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Siregar, R. Rinaldi, and R. Siregar, “FERMENTASI LIMBAH PERTANIAN DAN PERIKANAN DALAM PEMBUATAN KONSENTRAT GRANUL SAPI PENGGEMUKAN KELOMPOK TANI SEKAR DESA RUMBIO KEC. PANYABUNGAN UTARA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 94, Nov. 2018.
Section
Artikel