MENJAGA MARWAH PROFESI PENDIDIK : ETIKA DALAM PRAKTIK MENGAJAR DI ERA SOCIETY 5.0 Indonesia

Main Article Content

Robiah Robiah Indah Sahara Mardiana Mardiana Nurlidia Putri Muhammad Asroni

Abstract

Perkembangan teknologi pada era Society 5.0 menuntut guru tidak hanya menguasai kompetensi pedagogik, tetapi juga menjaga etika profesi dalam praktik mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran etika profesi dalam menjaga marwah pendidik di tengah tantangan digitalisasi pendidikan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, observasi, dan wawancara mendalam terhadap 10 informan yang terdiri dari guru dan praktisi pendidikan. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai etika seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keteladanan sangat penting dalam membentuk profesionalisme guru dan budaya positif di lingkungan sekolah. Kendala yang dihadapi meliputi rendahnya kesadaran etis, kurangnya pembinaan, dan pengaruh tekanan eksternal dari sistem pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan etika profesi secara konsisten berkontribusi dalam menciptakan pendidikan yang bermartabat dan relevan dengan perkembangan zaman. Kontribusi teoritisnya memperkaya kajian etika dalam profesi kependidikan, sementara secara praktis, temuan ini menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan pembinaan guru berbasis nilai moral dan profesionalisme.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Robiah, I. Sahara, M. Mardiana, N. Putri, and M. Asroni, “MENJAGA MARWAH PROFESI PENDIDIK : ETIKA DALAM PRAKTIK MENGAJAR DI ERA SOCIETY 5.0”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 555-560, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Abidah, A., Aklima, A., & Razak, A. (2022). Tantangan guru sekolah dasar dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 769–776.
Ambarsari, D., Sos, S., & IKom, M. (2025). Etika Komunikasi dalam Public Relations: Prinsip, Praktik, dan Tantangan. PT Rekacipta Proxy Media. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=62pVEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=menunjukkan+bahwa+sebagian+besar+mahasiswa+pendidikan+belum+memahami+bagaimana+prinsip+keadilan,+tanggung+jawab,+dan+otonomi+diterapkan+dalam+situasi+dilematis,+&ots=rj1x38phDr&sig=E0_AZKyscNk-6rzGISvUEy3uM0Y
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 3(1), 75–87. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/download/12380/5039
Baskara, F. R. (2024). Peran Penting" Friksi" dalam Pembelajaran di Era Generative AI. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 8–17. https://journal.uiad.ac.id/index.php/SENTIKJAR/article/view/3130
Harsoyo, R. (2024). Supervisi Pendidikan Berbasis Profetik Perspektif Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 5(1), 141–156.
Hasanah, U. U., Nursholichah, K. U., Cahyaningsih, E., Mustofa, T., & Saidah, N. (2024). Tantangan Guru dalam Menghadapi Era Society 5.0 Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8762–8770.
Indriawati, P., Yulianto, M., & Simamora, E. M. (2023). Kode Etik Profesi Guru. Jurnal Syntax Fusion, 3(01), 103–114.
Istianah, L. (2023). Solusi perilaku self harm perspektif hadis untuk mewujudkan masyarakat sejahtera di era society 5.0. Gunung Djati Conference Series, 19, 104–111. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1200
KAP, T. P. (2023). Kolaborasi Antar-Profesi (Panduan Pembelajaran Praktik Kolaborasi Antar-Profesi Bagi Mahasiswa Keperawatan). Penerbit Salemba. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=fDLZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=menunjukkan+bahwa+sebagian+besar+mahasiswa+pendidikan+belum+memahami+bagaimana+prinsip+keadilan,+tanggung+jawab,+dan+otonomi+diterapkan+dalam+situasi+dilematis,+&ots=vJTzv-dQgH&sig=e2m8RD9f2yPddLw_zL7GLwnrRwY
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi » Republik Indonesia. (2025). https://www.kemdikbud.go.id/main/
Khairunnisa, K., Vedira, M., Charles, C., & Pratama, A. R. (2024). Guru Profesional: Perspektif Al Qur’an dan UU No 14 Tahun 2005 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(4). https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/view/867
Mukhtar, M. A. (2024). Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam peningkatan mutu guru di Indonesia [Master’s Thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45325
Mursalin, H. (2022). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Era Society 5.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(001), 216–228.
Muslimin, T. P., & Fatimah, A. A. B. (2024). Kompetensi dan kesiapan guru sekolah dasar terhadap tantangan pendidikan di Era Society 5.0. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 55–72.
Muwaffaq, F. F., Faizah, S. N., Aprilia, S. D., Putri, N. E. A., Nabila, H. R. J., Khofifah, I. N. K., & Hilyana, F. S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menghadapi Tantangan Guru Di Era Society 5.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3233–3240.
Raharjo, B. (2023). Teori Etika Dalam Kecerdasan Buatan (AI). Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–135.
UNESCO: Building Peace through Education, Science and Culture, communication and information. (2024). https://www.unesco.org/en