ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP LITERASI SAINS MAHASISWA INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap literasi sains mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester III berjumlah 225 mahasiswa sedangkan subjek penelitian berjumlah 54 mahasiswa melalui cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kognitif berupa essay untuk domain “pengetahuan” dan lembar observasi untuk domain “konteks, sikap dan kompetensi”. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data pada keempat domain literasi sains diperoleh: (1) Nilai rata-rata kemampuan literasi sains untuk domain “pengetahuan” adalah 81 dengan predikat “Baik Sekali”; (2) Nilai rata-rata domain “sikap” adalah 91 dengan predikat “Baik Sekali”; (3) Nilai rata-rata domain “konteks” adalah 81 dengan predikat “Baik Sekali” dan; (4) Nilai rata-rata domain “kompetensi” adalah 82 dengan predikat “Baik Sekali”.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Komariyah, Uyun. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas XI Pada materi Usaha dan Energi Skripsi Program Studi Tadris Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rosady, I., Dahlan, M., & Ubaidillah, Nf. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Mata Pelajaran Fiqih. Kwangsan: Pendidikan, Jurnal 11(1), Teknologi 100. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1 1n1.p100--114
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresip, Yogyakarta : Kencana.