JEJAK KEILMUAN UMAT ISLAM KLASIK: KONTRIBUSI DALAM AGAMA, SAINS, SOSIAL, HUMANIORA, DAN FILSAFAT

Main Article Content

Aiman Fikri Ismail Sukardi Fajri Ismail Zuhdiyah Zuhdiyah Atika Anggraini

Abstract

Pada masa keemasan peradaban Islam, umat Islam klasik tidak hanya unggul dalam ilmu agama, tetapi juga memainkan peran penting dalam pengembangan berbagai disiplin ilmu yang membentuk fondasi pemikiran dunia modern. Mereka berhasil menggabungkan nilai-nilai keagamaan dengan pencapaian ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan alam, sosial, humaniora, dan filsafat, menghasilkan kontribusi yang luas dan berkelanjutan. Metode penelitian ini yaitu kualitatif. Umat Islam klasik memberikan kontribusi besar dalam tiga bidang utama: ilmu agama Islam, ilmu pengetahuan alam, serta ilmu sosial, humaniora, dan filsafat. Dalam bidang agama, mereka menyusun ilmu-ilmu keislaman secara sistematis dan mendalam, menciptakan fondasi yang terus diwarisi hingga kini. Di bidang sains, para ilmuwan Muslim tidak hanya menerjemahkan ilmu dari peradaban lain, tetapi juga memperkaya dengan inovasi dan eksperimen, membangun dasar-dasar ilmu modern. Sementara itu, dalam ranah sosial dan humaniora, para pemikir Islam mengembangkan teori sosial, filsafat, etika, dan pendidikan yang menjunjung tinggi akal dan nilai-nilai spiritual. Seluruh kontribusi ini menunjukkan bahwa peradaban Islam klasik adalah peradaban ilmu, akhlak, dan kebijaksanaan yang mampu menyatukan iman dan rasio secara harmonis.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Fikri, I. Sukardi, F. Ismail, Z. Zuhdiyah, and A. Anggraini, “JEJAK KEILMUAN UMAT ISLAM KLASIK: KONTRIBUSI DALAM AGAMA, SAINS, SOSIAL, HUMANIORA, DAN FILSAFAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 75-86, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Akbar, F. M. (2020). Peranan dan Kontribusi Islam Indonesia pada Peradaban Global. JII Indo Islamika: Jurnal Kajian Interdisipliner Islam Indonesia, 10(1), 51–63. https://doi.org/10.15408/idi.v10i1.17522
Fajrin, R. (2019). Urgensi Telaah Sejarah Peradaban Islam Memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Intizan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 107. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/132
Fuad, A. Z. (2014). Sejarah Peradaban Islam. UIN Sunan Ampel Press.
Harahap, R. M. (2019). Pendidikan dan Peradaban dalam Narasi Sejarah Islam Klasik: Korelasi dan Koneksi. Idrak: Journal of Islamic Education, 2(1). http://jurnal.stit-rh.ac.id/index.php/idrak/article/view/14
Lubis, J. (2013). Kontribusi Peradaban Islam di Masa khalafaurrasyidin: Pembentukan Masyarakat Politik Islam. MADANIA: Jurnal Kajian Keislaman, 17(1). https://doi.org/10.29300/madania.v17i1.2844
Maksum. (1999). Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya,.
Mas’ud, S. (2014). Sejarah peradaban Islam. UIN Sunan Ampel Press.
Mawaddah, R., & Fitriyah, A. W. (2024). Telaah Kritis Aksiologi Sains Modern Persepektif Al-Attas Dan Implementasinya Dalam Komunikasi Ilmiah. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(3), 105–117. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.152
Misbah, M. (2013). Pengantar Studi Sejarah Peradaban Islam. Pustaka Al-Kautsar.
Nasution, S. (2013). Sejarah Peradaban Islam. Yayasan Pusaka Riau.
Pulungan, S. (2021). Sejarah Peradaban Islam. Amzah.
Sewang, A. (2017). Sejarah Peradaban Islam. Wineka Media.
Sholihah, M. (2019). Rekonstruksi Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam Era Dinasti Umayyah dalam Pendidikan Islam. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 81–106. https://doi.org/10.36835/falasifa.v10i1.154
Soleh, A. K. (2011). Membandingkan Hermeneutika dengan Ilmu Tafsir. Jurnal Tsaqafah, 7(1), 31–50.
Suryani, A., Muchtar, A. D., & Syarif, I. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam : Telaah Pemikiran dan Peradaban Islam di Iran. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 170–176. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/2140
Wahyudi, D. (2014). Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam: Dari Masa Klasik, Tengah, Hingga Modern.