IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KB INKLUSI TALENTA KUDUS

Main Article Content

Devi Rahma Prinantika Ali Formen

Abstract

Anak usia dini berkebutuhan khusus merupakan salah satu kelompok anak yang membutuhkan perhatian khusus baik dari proses pembelajaran maupun perkembangannya. Jadi, tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan modifikasi kurikulum dan strategi pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) yang diterapkan pada anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusi Talenta Kudus, serta menganalisis dampaknya terhadap perkembangan kognitif, sosial emosional, dan motorik anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya modifikasi kurikulum pembelajaran dengan menggabungkan kurikulum Merdeka dan kurikulum pengembangan teraklusi. Penerapan pembelajaran STEAM dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual anak berkebutuhan khusus, serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik anak. Namun, untuk perkembangan sosial emosionalnya masih membutuhkan perhatian khusus, mengingat adanya perbedaan karakter dan kebutuhan individual yang berbeda-beda. Selain itu, dengan adanya kolaborasi antara guru dan orang tua, serta pelatihan bagi guru menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilah implementasi pembelajaran STEAM pada anak berkebutuhan khusus.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Prinantika and A. Formen, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KB INKLUSI TALENTA KUDUS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 47-52, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Ariani, I., Lubis, R., Sari, S., Fransiska, Y., & Nasution Fauziah. (2022). Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Azizah, F., & Salehudin, M. (2023). Media Game Edukasi di Gadget: Studi Literatur Manfaat dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Journal of Instructional and Development Researches, 3(6), 264–271. https://doi.org/10.53621/jider.v3i6.265
Berliana, A. B., & Nugraha, S. P. (2024). Keefektifan Pelatihan Guru Tahu untuk Meningkatkan Teacher Well-Being pada Guru Sekolah Dasar Inklusi. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 16(1), 43–62. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol16.iss1.art4
Ediyanto, Puspitasari, E., & Cahya, S. (2023). Terapi Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Yayasan Pusat pendidikan Angstrom. www.educationcenter.id,
Farida, N., Ningsih, R. W., Inta, A., & Ndruru, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran STEAM terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Education, 06(01), 10383–10399.
Fauzan, H. N., Francisca, L., Asrini, V. I., Fitria, I., Firdaus, A. A., & Dahlan, U. A. (2021). Sejarah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Menuju Inklusi. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 496–505. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Firman. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.
Istiqomah, D., Atika, N., Sartika, I. D., Wahyuni, D., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Steam terhadap Kemampuan Numerasi Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.xxxx
Lytra, N., & Drigas, A. (2021). STEAM education- metacognition – Specific Learning Disabilities. Scientific Electronic Archives, 14(10). https://doi.org/10.36560/141020211442
Nada, P., Hasibuan, R., & Salamun. (2023). Meningkatakan Kreativitas melalui Pembelajaran Steam pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto. Journal on Education, 06(01), 1715–1723.
Najanuddin, N., Setiani, R. E., & Listyowati, A. (2023). Redefining Early Literacy: A STEAM Approach at AZ Zahra NU Kindergarten, Magelang. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 8(4), 285–296. https://doi.org/10.14421/jga.2023.84-08
Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesia Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 2746–2188.
Novianti, E. (2019). Membangun Budaya Sekolah Inklusi dalam Perspektif Neurosains.
Putri, A., Annisa, A., Mir, N., Munfarikhah, atul, & Geraldina, A. (2024). Pendampingan dan Intervensi Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat, 13(2). https://doi.org/10.20961/semar.v13i2.84135
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. 17(33).
Sudarti, & Diana. (2023). Penerapan STEAM Untuk Mengembangkan Kemampuan Kolaborasi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 9(2).
Wade, C. B., Koc, M., Searcy, A., Coogle, C., & Walter, H. (2023). STEAM Activities in the Inclusive Classroom: Intentional Planning and Practice. Education Sciences, 13(11). https://doi.org/10.3390/educsci13111161
Yunita, E., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru terhadap Anak Berkeebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267–274. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE