PENGARUH MODUL FISIKA BERBANTU VIRTUAL LAB PHET DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KPS SISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan modul fisika materi getaran harmonik berbantu virtual lab PhET dengan model PBL, mengetahui bagaimana kemampuan keterampilan proses sains siswa dalam penggunaan modul fisika materi getaran harmonik berbantu virtual lab PhET dengan model PBL,mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan modul fisika materi getaran harmonik berbantu virtual lab PhET dengan model PBL untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Angkola Selatan yang beralamat di Jl.Marpinggan Kel Napa, Kec Angkola Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA yaitu dengan jumlah 68 orang. Adapun metode pengambilan sampel yang digunakan penelitian adalah Teknik Non Probability Sampling yaitu Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan wawancara angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai diperoleh data melalui uji paired sample test nilai signifikansi 0,00 < 0,005 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan modul fisika materi getaran harmonik berbantu virtual lab PhET dengan model PBL untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Angkola Selatan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Endang Susilawati, & Agustinasari, A. (2022). Validitas LKPD Digital Gerak Harmonik Sederhana Berbasis PhET Simulation. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(1), 35–42. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.522
Nasution, S. W. R., Nasution, F. H., & Hrp, G. K. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Physedu (Physics Education), 4(2), 14. https://doi.org/10.37081/physedu.v4i2.3735