Hubungan Antara Minat Profesi Guru Dan Sikap Keguruan Terhadap Kemampuan Pemahaman Profesi Pendidikan Dan Kesiapan Magang Mahasiswa Program Studi MIPA Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan T.A. 2017-2018

Main Article Content

ADI SYAPUTRA LAILA TUSSIFAH LUBIS

Abstract

Untuk dapat menjadi guru yang profesional sudah dapat terlihat dari sikap dan minat keguruan seorang mahasiswa sewaktu mulai kuliah terutama dalam menjalani mata kuliah profesi keguruan.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui (1) Hubungan antara minat profesi guru dengan kemampuanpemahaman profesi pendidikan dan kesiapan magang mahasiswa. (2) Hubungan antara sikap keguruan dengan kemampuanpemahaman profesi pendidikan dan kesiapan magang mahasiswa. (3) Hubungan antara minat profesi guru dan sikap keguruan dengan kemampuanpemahaman profesi pendidikan dan kesiapan magang mahasiswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan data Teknik angket (kuesioner) untuk mengumpulkan data tentang minat dan sikap keguruan serta tes penilaian pemberian skor  untuk menilai pemahaman kompetensi profesi keguruan untuk persiapan magang I. Uji yang dilakukan untuk menguji data penelitian adalah uji regresi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara minat profesi guru dan sikap keguruan dengan kemampuanpemahaman profesi pendidikan terhadap kesiapan magang mahasiswa program studi MIPA Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan T.A 2017 – 2018 dengan nilai probabilitas (0,04) < 0,05 berdasarkan taraf kepercayaan 95%.

Article Details

How to Cite
[1]
A. SYAPUTRA and L. LUBIS, “Hubungan Antara Minat Profesi Guru Dan Sikap Keguruan Terhadap Kemampuan Pemahaman Profesi Pendidikan Dan Kesiapan Magang Mahasiswa Program Studi MIPA Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan T.A. 2017-2018”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 107, Nov. 2018.
Section
Artikel