PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT QUESTIONS HAVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP SMP NEGERI 2 TELUKDALAM

Main Article Content

Walsyukurniat Zendrato

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah diketahui bahwa siswa hanya menghafal konsep, partisipasi dalam kegiatan pembelajaran kurang, enggan untuk menyampaikan pendapat atau pertanyaan dari dan untuk guru.  Sehingga tercipta ketidakpahaman dalam menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata, pemahaman yang dimaksud adalah pemahaman siswa terhadap dasar kualitatif dimana fakta-fakta saling berkaitan dengan kemampuannya untuk menggunakan pengetahuan tersebut dalam situasi baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Questions Have terhadap hasil belajar  siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Telukdalam dengan jumlah 26 orang. Hasil penelitian ini di peroleh nilai rata-rata tes awal sebesar 53,84%, nilai rata-rata tes akhir sebesar 88,46%. Kesimpulan, yaitu: (1) Model pembelajaran Model pembelajaran students questions have merupakan cara yang mudah untuk mempelajari tentang keinginan dan harapan siswa, (2) Hasil belajar siswa 53,84%  pada siklus ke satu, maka di lanjutkan pada  siklus ke kedua meningkat 88,46%, hal ini dapat meningkat karena siswa mampu membangun tim dengan baik. Saran, yaitu: (1) Penerapan model pembelajaran students questions have memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, diharapkan bagi sekolah khususnya guru agar dapat menerapkan model pembelajaran students questions have pada materi lain yang sesuai dengan pembelajaran tersebut, (2) Bagi peneliti yang akan menggunakan model pembelajaran students questions have hendaknya dapat berkolaborasi yang baik dengan observer sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang optimal, (3) Hendaknya guru selalu memberikan dorongan kepada siswa untuk lebih aktif sehingga guru hanya sebagai fasilitator bagi siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Zendrato, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT QUESTIONS HAVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP SMP NEGERI 2 TELUKDALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 665-670, May 2025.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
__________, 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Rineka cipta.
Dwitagama, Dedi dan Kusumah, Wijaya dan. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat. PT Indeks
Hamruni. 2011. Strategi pembelajaran. Yogyakarta. Darwok
Kunandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusman. 2010. Model-model pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo.
Senjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran. Jakarta. Kencana
Shoimin, Aris. 2014 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yoyakarta. AR-RUZZ MEDIA
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sudjana, Nana . 2016. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Supardi, Suhardjono dan Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta. Kencana.
Warista, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Zaini, H. Munthe, B. Aryani (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani dan CTSD
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online), (http://www.hukumonline.com, diakses 19 Desember 2019).
Mohammad Fauzi Wardani, 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MA Al-Iman Hidayatullah Mataram. Hal XV
Awaluddin dan Utama, 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have (Qsh) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Woja, Vol. No. 2, Hal 35, ISSN : 2252-3812
Niwayannilawati, 2020. Penerapan Metode Kerja Kelompok Dengan Strategi Question Student Have Untuk Meningkatkan Prestasibelajar Ppkn Siswa. Vol. No. 10, Hal 109, ISSN 2087-9016, e-ISSN 2685-4694
Nurfattahiyya, 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have Untuk Mencapai Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. Vol. No. 2, Hal 110, ISSN: 2302-8939