PENDAMPINGAN PENGAWAS TERHADAP KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA NAHDATUL ULAMA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Ali Yusron

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Nahdatul Ulama (NU) Padangsidimpuan melalui kegiatan pendampingan pengawas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan pengawas terhadap supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta Nahdatul Ulama (NU) Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian,  dimana pada siklus I kemampuan pengawas dalam pendampingan diperoleh persentase skor rata-rata 72,5%, kemampuan kepala sekolah 67,5%, dan kemampuan guru 63,75%, sedangkan pada siklus II menunjukan peningkatan yang signifikan, dimana kemampuan pengawas dalam pendampingan diperoleh persentase skor rata-rata 92,5%, kemampuan kepala sekolah 90%, dan kemampuan guru 82,6%. Kegiatan pendampingan pengawas sekolah mampu meningkatkan kinerja dan kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran  sehingga membawa dampak peningkatan terhadap kemampuan guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Yusron, “PENDAMPINGAN PENGAWAS TERHADAP KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA NAHDATUL ULAMA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 3, p. 1, Nov. 2018.
Section
Artikel