ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 TOMA
Main Article Content
Abstract
Rendahnya minat belajar siswa menimbulkan suasana belajar yang kurang menarik dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 1 Toma disebabkan oleh dua faktor yaitu: faktor internal (dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (dari luar diri siswa). Faktor internal penyebab rendahnya minat belajar siswa adalah siswa malas belajar di rumah dan lebih mengutamakan aktivitas yang lain seperti bermain bersama teman, menonton acara televisi, dan mengerjakan pekerjaan rumah. Faktor eksternal penyebab rendahnya minat belajar siswa adalah faktor keluarga dan faktor lingkungan masyarakat. Faktor keluarga diantaranya keterbatasan ekonomi keluarga, dan kurangnya perhatian orang tua terhadap cara belajar anak. Sementara faktor lingkungan masyarakat adalah pengaruh pergaulan bebas dengan teman-temannya yang memiliki kebiasaan terburuk seperti minum-minuman keras, dan merokok. Diharapkan kepada guru dan orang tua hendaknya memberikan motivasi kepada anak untuk lebih giat dalam belajar dengan membantu memenuhi kebutuhan belajar sang anak untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dimyati dan Mudjiono. 2006.Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Ghony, M. Djunaidi dan Almanshur Fauzan. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar.2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Latipah, Eva. 2012. Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Moeong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Subini, Nini, Dkk. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2017. Panduan Penulisan Skripsi. Telukdalam: STKIP Nias Selatan.
Yamin, Martinis.2009. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers