HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA FAJAR MAS LASORI TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Fajar Mas Lasori tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan teknik pengambilan sampel penelitian adalah total sampling yang artinya seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan prestasi belajar IPS siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,919 yang artinya bahwa hubungan motivasi dengan prestasi belajar IPS tergolong kuat. Kemudian koefisien determinasinya sebesar 84,4% artinya bahwa motivasi mempengaruhi prestasi belajar IPS sedangkan15,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 12,15 sedangkan ttabel sebesar 0,683 pada taraf kesalahan 5% karena thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain hipotesis yang mengatakan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar IPS siswa diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang diperoleh, maka peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu sebagai berikut: 1) Bagi siswa, hendaknya siswa menumbuhkan motivasi belajarnya dari dalam dirinya (2) Bagi guru, hendaknya selalu memberikan motivasi belajar kepada siswa secara optimal sehingga prestasi belajar makin baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. 2014. Psikologi Belajar dan Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Djamarah dan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar.Banjarmasin: Rineka Cipta Depdikbud.2003. UU No.20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Semarang: Aneka Ilmu.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2000. Metode Penelitian Bisnis.
Bandung: Alfabeta Suyitno, Amin. 2014. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran IPS I. Semarang: FMIPA UNNES
Azharm. 2012. Pengaruh positif persepsi siwa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar(https://azharm2k.wordpress.com/2012/05/09, diakses 23 Maret 2016)
Jatmiko. 2015. Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk (Online)(eprints.umk.ac.id/ 144/1-hubungan-prestasi- belajar.pdf, diakses 20 Maret 2016)
Ningtyas. Dita, 2014. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah.(Online) (eprints.ums.ac.id/26309/2 /03-bab-I.pdf. diakses 25 mei 2016)
Sari. Anita, 2014. Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 2 Tuntang(Online)(eprints.u ny.ac.id/8559/3/BabII- 0841624102.pdf, 20 Maret 2016)
Setiawati. Yuliani, 2014. Prestasi belajar IPS mata pelajaran ekonomi kelas unggulan ditinjau dari pemilihan , motivasi belajar dan penunjangpembelajaran.(Online)(https://ardiaprilia di.wordpress.com/2014/11 /16/konsepbelajar/, diakses 21 Maret 2016)
Sulastri. Sri, 2012. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan IPS fakultas Tarbiyah.(https://abdussak ir.wordpress.com/2009/03/2/, diakses 23 Maret 2016)