PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NIAS RAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NIAS RAYA T.A 2024/2025

Main Article Content

Indah Permata Sari Lase

Abstract

Perpustakaan merupakan sumber utama dalam belajar dan berperan sedemikian penting dalam proses pembelajaran. Layanan perpustakaan merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan data yang didapatkan, hasil belajar yang dicapai mahasiswa pendidikan ekonomi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan perpustakaan berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nias Raya dari T.A 2023/2024 s/d 2024/2025 dengan jumlah 226 orang dan pengambilan sampel menggunakan kriteria secara random sampling (secara acak). Sampel dalam penelitian ini diambil  25%  dari  jumlah  populasi  yakni  berjumlah 57 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melaui layanan informasi, layanan penelusuran, pengelolaan, pendayagunaan, pengarahan, bimbingan, keramahan, kecakapan, dan penguasaan yang baik dari perpustakaan, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa karena dapat membentuk sikap mahasiswa yang positif dalam memanfaatkan perpustakaan. Pada hasil penelitian nilai  thitung sebesar 3.308091 sedangkan ttabel sebesar 1.673034, dapat dinyatakan bahwa  thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa layanan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan terfasilitasnya mahasiswa melalui layanan informasi, layanan penelusuran, pengelolaan, pendayagunaan, pengarahan, bimbingan, keramahan, kecakapan, dan penguasaan yang baik dari perpustakaan. Adapun saran dari peneliti yaitu hendaknya layanan perpustakaan dapat ditingkatkan lagi sehingga mampu mempengaruhi sikap mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan dengan baik agar pencapaian hasil belajar mahasiswa dapat lebih meningkat.

Article Details

How to Cite
[1]
I. P. Sari Lase, “PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NIAS RAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NIAS RAYA T.A 2024/2025”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 714-716, May 2025.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim. 2008. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi.
Bunga, Yuliatry. 2015. Standar Pelayanan Perpustakaan dan Informasi Bidang Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI. Jakarta : Agus Sutoyo Askara.
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perputakaan. Ombak: Anggota Ikapi.
Istarani dan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: CV. Iscom.
Makarim, Luthfiati, Ramdhan, Mohammad. 2014. Pedoman Teknis Layanan Perpustakaan dan Informasi. Jakarta: Arief Wicaksono.
Nasution, Noehi, Suryanto. 2007. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.