EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN SMART BOX TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MATERI HUKUM DASAR KIMIA

Main Article Content

Meliza Meliza Nenni Faridah Lubis Wilda Sari Harahap

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains peserta didik, yang menyebabkan kurangnya keaktifan dalam proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model project based learning dengan smart box efektif terhadap literasi sains peserta didik pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu. Jenis.penelitian ini.adalah penelitian.kuantitatif dengan menerapkan.metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yang terdiri dari 6 kelas dan pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling , sampel yang diperoleh yaitu X E sebanyak 27 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata-rata dengan menggunakan model project based learning dengan smart box pada materi hukum dasar kimia dengan menggunakan lembar observasi diperoleh skor nilai rata-rata 90,82 pada kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan analisis inferensial dengan menggunakan rumus uji-t “tes” kepercayaan sebesar 95% atau.tingkat kesalahan 5% dari dk = n-1 =27-2 =25, diperoleh ttabel (2,060 > 0,05). Hal ini dapat di artikan.hipotesis alternatif dalam penelitian ini dapat diterima maka disetujui kebenarannya. Artinya model.project based learning dengan smart box efektif terhadap.literasi sains peserta didik pada materi.hukum dasar kimia di.SMA Negeri 1 Padang.Bolak Julu.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Meliza, N. Lubis, and W. Harahap, “EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN SMART BOX TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MATERI HUKUM DASAR KIMIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 571-575, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
A'yuna, Q. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung)
Ahmad Yani, M. P. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahlimedia Book.
Fadiyah Andirasdini, I., & Fuadiyah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Baseed Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. Biodik, 10(2), 156–161.
Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, I. P., & Jufri, A. W. (2023).Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2235–2240.
Kamariah, S., Muhlis, & Ramdani, A. (2023).Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik.Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 143–150.
Kuswanto, J., Nasir, M., dan Ariyansyah, A. (2021).Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati.Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 175-180.
Meliza. (2024). A Meta-Analysis Approach to Measure the Impact of Project-Based Learning on Learning Outcome. Co-Catalyst: Journal of Science Education Research and Theories. 2 (1). 34-48.
Meliza. (2024). Strategi Pembelajaran Abad 21. Cirebon: PT Arr Rad Pratama.
Meliza., Lubis, Nenni Faridah. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBl) Untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. Jurnal Education and Development. 13 (4). 336-342.
Sugiyono.(2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, (2019). Metode penelitian pendidikan kualitatif, kuantitatif dan R & D. Bandung: Al-Fabeta
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 1879–1887.
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440.
Zahirah, D. F., & Sulistina, O. (2023). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN STEM–PROJECT-BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. UNESA Journal of Chemical Education, 12(2), 121-131.