MENAKAR PROGRAM SOFT POWER APPROACH DALAM PENCEGAHAN NARKOBA DI KOTA BANDAR LAMPUNG
Main Article Content
Abstract
Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja merupakan masalah serius yang menuntut pendekatan yang lebih humanis dan partisipatif dalam upaya pencegahannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pendekatan Soft Power yang dilakukan oleh BNN Kota Bandar Lampung dalam membangun ketahanan sosial masyarakat terhadap narkoba. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan teori peran Biddle & Thomas, penelitian ini mendeskripsikan hubungan antara BNN sebagai aktor dan masyarakat sebagai sasaran dalam pelaksanaan program. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan edukatif, persuasif, dan partisipatif yang diterapkan oleh BNN melalui program-program seperti KIE, MIS U, Media Sosial, dan Desa Bersinar cukup efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan penyuluh, rendahnya literasi digital, dan resistensi masyarakat. Meskipun demikian, peluang besar tetap ada melalui kolaborasi masyarakat dan optimalisasi media digital. Studi ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pendekatan soft power sangat ditentukan oleh konteks sosial dan sejauh mana masyarakat merasa terlibat secara aktif dalam proses pencegahan narkoba.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
BNN, H. (2021). Soft Power Aprroach Strategi BNN Menuju Indonesia Bersinar. Retrieved May 22, 2025, from https://bnn.go.id/soft- power-aprroach-strategi-bnn-menuju- indonesia-bersinar/
BNN, H. (2024). HANI 2024: Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar.
Cahyani, R. M., & Mutiah. (2024). Strategi Humas Digital Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur Dalam Membuat Konten Pencegahan Penyalahgunaan
Narkoba (Studi Media Sosial Instagram @infobnnp_jatim dan Website jatim.bnn.go.id). The Commercium, 8(2), 181–191. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.63021 Ikhsan, M. (2024). ANALISIS KOMUNIKASI
Bisnis Meyden Di Media Sosial: Studi Semiotika Konten Vulgar. JICOMS: Journal of Islamic Communication and Media Studies, 4(2), 1–17. Mudjrimin, J., & Nur, M. A. (2023).
Problematika Narkotika Kalangan Generasi Muda Di Kabupaten Sinjai. Jurnal Al-Ahkam: Jurnal Hukum Pidana Islam, 5(2), 139–147.
Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154 Permadi, D., & Habibullah, A. (2022).
Strategi Komunikasi Humas Bnn Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 150–162. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1901 Puslidatin BNN RI. (2020). Indonesia Drugs Report 2020. Jakarta Timur.
Setiawan, J. D., & Arviani, H. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Persuasif Pandawara Group dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Indonesia terhadap Kebersihan Lingkungan Melalui Media Sosial. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6229–6239.