KONSTRUKSI PENDIDIKAN AKHLAK MUSLIMAH DALAM NARASI VISUAL MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA HADRAH DAENG RATU
Main Article Content
Abstract
Akhlak merupakan pilar fundamental dalam ajaran Islam dan memainkan peran sentral dalam membentuk kepribadian serta arah kehidupan manusia. Penyempurnaan akhlak menjadi inti risalah kenabian Rasulullah saw., yang bertujuan membimbing umat menuju kebenaran dan kemuliaan hidup. Kendati konsep pendidikan akhlak dalam Islam bersifat ideal, implementasinya di era modern menghadapi tantangan serius, tercermin dari meningkatnya krisis moral di kalangan generasi muda yang diakibatkan oleh lemahnya penguatan nilai-nilai akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi narasi visual terkait akhlak muslimah dalam film Merindu Cahaya de Amstel karya Hadrah Daeng Ratu. Metode yang digunakan adalah analisis wacana kritis (Critical Discourse Analysis) model Norman Fairclough yang terdiri dari tiga dimensi: analisis teks, praktik diskursif, dan konteks sosial budaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa film ini aktif membentuk wacana tentang akhlak muslimah ideal melalui narasi visual dan simbol-simbol budaya. Representasi akhlak dalam film dipengaruhi oleh nilai-nilai keagamaan dan struktur sosial masyarakat, mencakup tema tanggung jawab, identitas, spiritualitas, dan peran perempuan muslim dalam masyarakat kontemporer. Akhlak sosial digambarkan melalui empati, kepedulian, serta simbolisasi hijab sebagai bentuk ketaatan terhadap ajaran Islam sekaligus resistensi terhadap arus budaya yang bertentangan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Badarussyamsi, Ridwan, M., & Aiman, N. (2020). Amar ma‘ruf nahi munkar: sebuah kajian Ontologis. Tajdid, 19(2).
Bunsiang, N. U. S. A., Bawa, D. L., Wulur, M. B., & Yasin, M. (2024). Analisis Isi Pesan-Pesan Dakwah dalam Film Merindu Cahaya de Amstel Karya Arumi Ekowati. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(3).
Dewanda, A. A., Azzahra, I. N., & Zahara, H. (2024). Mengubah Pemahaman Konsep Istikharah dari Bertanya Menuju Berserah Diri. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1).
Fitriawan, A. A. dan R. A. (2018). Media dan Kekerasan: Analisis Norman Fairclough Terhadap Pemberitahuan Tarung Gladiator. Jurnal Sospol, 4(1).
Hasanah, A., & Mardikantoro, H. B. (2017). Konstruksi Realitas Seratus Hari Pertama Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di Media Online: Analisis Wacana Kritis Model Norman Fairgclough. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3).
Izzudin, A.-S. S. bin M. A. A. M. K. (2016). Tafsir Muyassar 1 (Cetakan 1). Darul Haq.
Kusaini, A. N. A., Muyasaroh, M., Ladamay, O. M. M. A., & Basri, H. (2020). Materi Akhlak dalam Keteladanan Khadijah Menurut Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal. Tamaddun, 22(1).
Maghrobi, Z. A., & Iqbal, I. M. (2024). Tolong-menolong dalam Kebaikan dalam al-Qur’an (Studi Penafsiran Ayat-ayat Ta’awun dalam Tafsir Al-Munir). Bunyan Al-Ulum, 1(1).
Nursari, N., Lindawati, & Ni’mawati. (2023). Peran Wanita Karier dalam Perspektif Islam: antara Kewajiban Keluarga dan Tanggung Jawab Profesional. Jurnal Ilmu-Ilmu Agama Islam, 7(2).
Purhasanah, S., Sofyan Abdullah, D., Al Ayyubi, I. I., & Rohmatulloh, R. (2023). Kewajiban Menutup Aurat dalam Perspektif al-Quran. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(1), 53–61.
Rambe, M. S., Waharjani, & Perawironegoro, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Islam. Tadarus Tarbawy, 5(1).
Saputra, P. S. (2019). Analisis Wacana Kritis Iklan Film Pendek Line Versi „Ada Apa dengan Cinta? Jurnal Seni Rupa & Desain, 22(1).
Satiawan, Z., & Sidik, M. (2021). Metode Pendidikan Akhlak Mahasiswa. Jurnal Mumtaz, 1(1).
Sholihin, M., & Anggraini, P. G. (2021). Analisis Data Penelitian Menggunakan Software STATA (A. Prabawati (ed.); 1st ed.). Penerbit Andi.
Sumarti, E. (2010). Analisis Wacana Kritis: Metode Analisis dalam Perspektif Norman Fairclough. Lingua Scientia, 2(2).
Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2).
Wulandari, R. O. T. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Merindu Cahaya de Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah (MA). [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo].