REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN SUNSILK HIJAB ANTI KETOMBE: ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS

Main Article Content

Cintya Ratnaduhita Diah Ariani Arimbi Nunuk Endah Srimulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi perempuan dalam iklan Sunsilk Hijab Anti Ketombe dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teori analisis wacana kritis Sara Mills. Fokus kajian ini meliputi posisi subjek, objek, dan pembaca dalam wacana iklan serta bagaimana bahasa dan visual membentuk citra perempuan. Data penelitian berupa video iklan Sunsilk Hijab Anti Ketombe yang diambil dari kanal YouTube resmi Sunsilk Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, yaitu menonton, mencatat, dan mengidentifikasi elemen visual dan verbal yang relevan. Analisis data menggunakan teori Sara Mills, dengan menelaah hubungan antara teks dan gambar untuk mengungkap makna ideologis yang terkandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan ini merepresentasikan perempuan berhijab sebagai subjek aktif yang tetap dinamis meski menghadapi masalah ketombe. Produk Sunsilk diposisikan sebagai solusi yang menghormati identitas mereka dan memberikan kenyamanan. Pembaca diposisikan sebagai individu yang mencari solusi praktis atas masalah ketombe, khususnya bagi perempuan berhijab. Kesimpulannya, iklan ini tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga membentuk wacana mengenai peran dan identitas perempuan berhijab dalam ruang publik, serta membangun citra perempuan modern yang tetap aktif, bersih, dan percaya diri.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Ratnaduhita, D. A. Arimbi, and N. E. Srimulyani, “REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN SUNSILK HIJAB ANTI KETOMBE: ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 290-299, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Ahsin, M. N., Nugraheni, M. W., & Sumarlam, S. (2022). Analisis Sara Mills dalam Pemberitaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Riau Pada Berita CNNindonesia. com. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 119–135.
Andreas, R. (2021). Stereotifikasi Perempuan Dalam Iklan Perbankan (Pembacaan Semiotika Judith Williamson Pada Iklan Mandiri Online). Jurnal Ilmu Budaya, 9(1), 142–151.
Augustine, P. Y., & Juniarti, G. (2022). Analisis Ideologi Ibuisme pada Konten Iklan Susu Anak. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 11–23.
Harahap, H. J. P., Amelia, R., Togatorop, G., Yusro, N., & Sagala, N. S. J. (2025). Struktur dan Fungsi Wacana dalam Iklan Berbahasa Jerman: Pendekatan Analisis Wacana Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 5(2), 615–623.
Harmasari, L., Karman, A., Madeamin, S., & Taupiq, T. (2023). Bahasa dan Ideologi Dalam Iklan Skincare Somethinc (Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough). Jurnal Dieksis Id, 3(2), 171–180.
Hartono, D. (2023). Maskulinitas dalam Iklan Pembersih Wajah Laki-laki:(Analisis Semiotika Charles S. Peirce pada Iklan Garnier Men Joe Taslim). JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 6(1), 64–81.
Mills, S. (2002). Feminist stylistics. Routledge.
Mukminin, M. S., Zulfa, I., Usman, R. D. R., Irianti, W. A., & Ramadhanti, A. F. (2024). Gender And Power Representation In The Sit Still, Look Pretty By Daya: Sara Mills’ CDA. SALIENCE: English Language, Literature, and Education Jurnal, 4(2), 61–70.
Padmasari, L. O., Dewi, N., & Nugraha, S. T. (2025). Perlawanan terhadap Diskriminasi Perempuan dalam Novel Cantik Itu Luka: Kajian Feminisme Marxis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1520–1538.
Pratama, T., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Setyawan, S., & Ibrahim, M. (2024). Semiotika Simbolik Pesan Partai Politik PDIP di TikTok Bagi Gen Z pada Era Komunikasi Global. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 91–115.
Purba, A., Rahmadani, P., & Sari, S. (2024). Analisis Wacana Kritis Fairclough Dalam Teks Iklan Sprite 2024. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2185–2191.
Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V., Awang, M. Y., Mahmud, S. F., & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ridwan, M. (2022). Representasi Gender dan Aspek Pendukung Kemampuan Bilingualisme Penutur Bahasa Makassar di Ambon. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 738–748.
Rinata, A. R., Dewi, S. I., & Lasari, Y. (2022). 12 Warna Maskulinitas: Standar Baru Maskulinitas Dalam Iklan Kosmetik Nature Republic. Jurnal Representamen Vol, 8(02).
Rosita, E., & Solihati, N. (2024). Mengungkap Ideologi di Balik Selera: Analisis Wacana Kritis pada Iklan Video Gofood dan Grabfood. Semantik, 13(2), 187–206.
Sariasih, W., Rasyid, Y., & Anwar, M. (2023). Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Cerpen Sepasang Mata Dinaya yang Terpenjara. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 539–548.
Sepriano, S., & Gunarso, S. (2025). Marketing Management. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Tantina, A., & Tutiasri, R. P. (2023). Analisis Wacana Kritis Femvertising Dalam Iklan Instagram MKS Shoes Edisi “What Makes Us Women.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(3), 960–973.