ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS II SD METHODIST 1 TALANG KELAPA

Main Article Content

Ully Artha Treny Hera Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran seni tari di kelas II SD. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya penanaman karakter pada anak kelas II dan masi sangat monoton nya penanaman karakter kepada siswa pada saat pembelajaran, karena itu peneliti ingin melihat apakah dengan menggunakan seni tari akan lebih mudah menanamkan pendidikan karakter pada siswa kelas II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 19 siswa dan 1 guru. Instrumen penelitian berupa instrumen Observasi siswa  yang terdapat 7 aspek pendidikan karakter dan  instrumen wawancara guru terdiri dari 10 soal wawancara terbuka dan instrumen siswa terdiri dari 10 soal wawancara tertutup. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan disetiap pertemuan observasinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seni tari dapat menjadi fokus pendidik dalam upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Artha, T. Hera, and B. Utomo, “ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS II SD METHODIST 1 TALANG KELAPA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 3, pp. 120-125, Sep. 2025.
Section
Artikel

References

Barcelo, M.A., Ribot, M.F., & Jové, G. (2024). Arts education in early childhood teacher training: An international analysis,Teaching and Teacher Education, 148, 104703. https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104703
Daningtyas, Z. K., Wulandari, R. T., & Nihayati, N. (2021). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(1), 43-53. https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p43-53
Hera, T. (2018, July). Aspek-aspek penciptaan tari dalam pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
Irawan, B. T., Hera, T., & Hidayatullah, F. (2024). Pembelajaran Pola Gerak Tari Mutei Kawe pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP N 2 Tebing Tinggi. Imajinasi: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 1(4), 62-70.
Isnaini, D. R., Lestari, N. P., & Habibulloh, M. R. (2024). Pengembangan Profesionalitas Pendidik Menurut Ki Hajar Dewantara. DAARUS TSAQOFAH, Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 170-177. 10.62740/jppuqg.v1i2.133
Klemp, G., Urton, K., Krull, J., Bosch, J., & Wilbert, J. (2025). What does well-being at school mean to primary school students? Children's understanding of basic psychological needs, International Journal of Educational Research Open, 8,100442, https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2025.100442
Li, Y.; Liang, Y.; Yang, R.;Qiu, J.; Zhang, C.; Zhang, X. (2024) CourseKG: An Educational Knowledge Graph Based on Course Information for Precision Teaching.Appl. Sci., 14, 2710. https://doi.org/10.3390/app14072710
Manaf, A., & Christianti, M. (2020, February). Dimensions of Early Childhood Character Education Based on Multiculturism. In 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019) (pp. 49-54). Atlantis Press. 10.2991/assehr.k.200130.011
Shim, J. (2023). Investigating the effectiveness of introducing virtual reality to elementary school students' moral education. Computers & Education: X Reality, 2, 100010. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2023.100010
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit ALFABETA, CV
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kualitatif. Penerbit ALFABETA, CV
Syukur, S. W. (2024). Perspektif Belajar dengan Seni Tari Tradisional di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 20-26. https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.57
Tomescu, G.; St˘anescu, M.-I.; Manos, M.; Dina, L.; Aivaz, K.-A. (2023) Using Dancesport as an Educational Resource for Improving Institutionalized Children’s Learning Strategies. Children, 10, 1039. https://doi.org/10.3390/socsci12070404
Twiner, A., Lucassen, M., Golden, M.T. (2022). Supporting children's understanding around emotions through creative, dance-based movement: A pilot study, Learning, Culture and Social Interaction; 37, 100659. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2022.100659
Utomo, B. (2017). Nilai Karakter Dalam Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Váradi, Judit, and Gabriella Józsa. (2023). Factors Affecting Attendance of and Attitudes towards Artistic Events among PrimarySchool Children. Social Sciences 12:404. https://doi.org/10.3390/socsci12070404