PERSEPSI MAHASISWA PERGURUAN TINGGI VOKASI TERHADAP PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa perguruan tinggi vokasi terhadap pembelajaran akuntansi berbasis proyek (Project-Based Learning atau PjBL) serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Latar belakang penelitian didasarkan pada kebutuhan peningkatan kompetensi praktis mahasiswa vokasi agar selaras dengan tuntutan dunia kerja. Penelitian dilakukan di Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti, Bandung, dengan populasi 310 mahasiswa dan sampel sebanyak 175 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner berbasis skala Likert. Data dianalisis melalui regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap penerapan PjBL dalam pembelajaran akuntansi (mean = 4,01; kategori baik). Keempat variabel independen, yaitu kemudahan pemahaman materi, kolaborasi tim, motivasi belajar, dan relevansi proyek dengan dunia kerja, berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa (p < 0,05). Faktor dominan yang memengaruhi persepsi mahasiswa adalah relevansi proyek dengan dunia kerja (β = 0,301). Model regresi juga menunjukkan bahwa 54,2% variasi persepsi mahasiswa dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar model. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan pemahaman, motivasi, dan kesiapan mahasiswa vokasi dalam menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, integrasi PjBL dalam kurikulum akuntansi vokasi perlu diperkuat agar mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu menerapkan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri..
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hidayat, A., & Sari, M. (2021). Project-Based Learning dalam pembelajaran manajemen proyek meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen, 6(2), 115–124.
Liawati, N., Oktarina, & Rusdarti. (2025). Effect of Project-Based Learning on student learning outcomes: A meta-analysis. Journal of Economic Education Research (JEEC), 10(1), 45–59. https://journal.unnes.ac.id/journals/jeec/article/view/26560
Putra, B. (2020). Implementasi Project-Based Learning pada mahasiswa vokasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 33–41.
Suryani, D. (2023). Persepsi mahasiswa akuntansi vokasi terhadap Project-Based Learning: Tantangan dalam pengelolaan waktu dan koordinasi kelompok. Jurnal Riset Pendidikan Akuntansi, 8(2), 77–86.
Rahmawati, L., Pratiwi, A., & Januardi, R. (2023). Persepsi siswa SMK terhadap pembelajaran akuntansi dasar berbasis proyek (Project-Based Learning). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi (JPEA), 8(1), 41–51. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JPEA/article/view/11153
Sumarna, H., & Amalia, I. (2023). Implementasi Project-Based Learning dalam meningkatkan literasi abad 21 pada pembelajaran akuntansi dasar di SMK. Jurnal Akuntansi, Audit, dan Teknologi (JAAT), 4(2), 113–125. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAAT/article/view/4354
Wicaksana, R., Maridi, & Sutarno. (2017). The effectiveness of Project-Based Learning (PBL) in vocational high school biology learning: A quasi-experimental study. Unnes Science Education Journal (USEJ), 6(3), 1848–1855. https://journal.unnes.ac.id/sju/usej/article/view/20372
Widayanti, R. (2022). Penerapan Project-Based Learning pada mata kuliah administrasi perkantoran untuk meningkatkan keterampilan kerja sama dan pemecahan masalah mahasiswa. Jurnal Administrasi dan Pendidikan, 12(3), 201–210.
Wikipedia contributors. (2025, August 27). Project-Based Learning. In Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Project-based_learning